Blora on News :
Home » , , » Lahan 8 Hektare Disiapkan Untuk Pembangunan Museum Migas di Kec.Cepu

Lahan 8 Hektare Disiapkan Untuk Pembangunan Museum Migas di Kec.Cepu

infoblora.com on Apr 2, 2016 | 7:00 AM

Dari kiri, Camat Cepu, Wakil Bupati Blora dan Kepala Pusdiklat Migas Cepu usai berdialog tentang rencana pembangunan museum migas. Pemkab mulai menyediakan lahan seluas 8 Ha. (foto: tio-infoblora)
BLORA. Dukungan Asosiasi Daerah Penghasil Migas (ADPM) se Indonesia untuk pendirian Museum Minyak dan Gas Bumi (Migas) di Kabupaten Blora tepatnya di Kecamatan Cepu pada saat rapat koordinasi (rakor) beberapa pekan lalu di Jakarta, kini mulai ditindaklanjuti Pemkab dengan mempersiapkan lahan.

Pada saat dialog dengan Wakil Bupati Blora H.Arief Rohman M.Si dan pimpinan Pusdiklat Migas Cepu, Selasa (29/3) lalu di Gedung Pudiklat Migas, Camat Cepu Mei Nariyono menyatakan bahwa pihaknya telah mempersiapkan lahan seluas 8 hektare untuk pembangunan museum migas tersebut.

“Sudah kami siapkan lahan untuk pembangunan Museum Migas sesuai arahan Pemkab. Lahan yang ada seluas 8 hektare terletak di tepi jalan raya by pass Cepu atau Jalan Pramuka,” ucap Camat Cepu, Mei Nariyono.

Museum Migas sendiri menurut Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si dibangun untuk media edukasi kepada para pelajar perminyakan sekaligus menumbuhkan sektor pariwisata bidang minyak dan gas. Dimana sudah sejak jaman penjajahan Belanda, Blora khususnya kawasan Cepu dan sekitarnya dikenal sebagai daerah penghasil minyak.

“Kami sudah mendapatkan dukungan ADPM Indonesia. Mereka sepakat jika Museum Migas didirikan di Cepu karena wilayah ini punya sejarah pengeboran minyak yang cukup panjang mulai proses tradisional hingga modern. Apalagi disini ada STEM, Pusdiklat Migas, dan kawasan pengeboran minyak tua yang tersebar di Ledok Kecamatan Sambong. Ada pusat pendidikannya dan tempat pengeboran minyaknya, sehingga pas jika dilengkapi dengan museum migas. Akan diintegrasikan, kita punya outdoor dan indoornya,” jelas H.Arief Rohman M.Si.

Di hadapan pimpinan Pusdiklat Migas Cepu, Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si bersama Camat Cepu Mei Nariyono dan Kasi Pertambangan Migas Dinas ESDM Blora Djati Waluasmo meminta dukungan agar pembangunan Museum Migas bisa diwujudkan.

Kepala Pusdiklat Migas Cepu, Edi Prasodjo pun menyambut baik rencana pembangunan Museum Migas di Kecamatan Cepu. Ia meminta Pemkab Blora menyerahkan apa-apa saja yang bisa dibantu agar pembangunannya bisa disengkuyung bersama-sama.

“Saya mengapresiasi rencana pembangunan museum migas. Perlu dibahas lebih lanjut agar bisa diketahui kemana arah yang diinginkan. Akan dibuat museum dengan konsep diorama atau videografi nanti akan kita bantu,” ucapnya. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved