Blora on News :
Home » , » Keren, Joko Purnomo Warga Sumberagung Ubah Kaleng Bekas Jadi Miniatur Unik

Keren, Joko Purnomo Warga Sumberagung Ubah Kaleng Bekas Jadi Miniatur Unik

infoblora.com on Apr 24, 2016 | 10:00 PM

Joko Purnomo menunjukkan beberapa karyanya berupa miniatur kendaraan dari bahan kaleng bekas. (foto: teg-ib)
BLORA. Kaleng dan botol bekas minuman tak semuanya harus dibuang ke tempat sampah. Botol bekas juga bisa dimanfaatkan menjadi barang-barang unik bernilai ekonomis. Seperti yang dilakukan pemuda asal Desa Sumberagung Kecamatan Banjarejo Blora yang berhasil mengubah botol dan kaleng bekas menjadi karya seni tinggi.

Ia adalah Joko Purnomo, berawal dari keprihatinannya melihat banyak kaleng bekas yang berada di jalanan dan tumpukan sampah, ia memiliki ide untuk menyulap kaleng bekas tersebut menjadi karya yang bisa dijadikan souvenir khas Blora.

“Awal mulanya melihat kaleng di dekat rumah yang berserakan dan saya ambil untuk saya ubah menjadi sebuah miniatur kendaraan. Ternyata bisa jadi bagus dan banyak yang tertarik,” kata Joko Purnomo saat dihubungi Info Blora, kemarin.

Bahan dasar yang dipergunakan untuk membuat karya seni bernilai tinggi tersebut adalah bekas kaleng minuman ringan atau soft drink, hanya dengan bermodalkan lem, kertas karton dan gunting, pemuda lajang ini dapat membuat miniatur mobil, miniatur vespa, miniatur becak dan sejumlah miniatur lain yang baru ia kembangkan.

“Tak ada keahlian khusus yang saya punya mas. Semuanya otodidak sebisanya saya,” ujarnya.

Menurutnya, dia baru satu bulan menekuni pekerjaan ini, walaupun begitu pesanan sudah datang dari luar Blora, seperti Demak, Rembang, Grobogan, dan lainnya. Joko mengaku dalam sehari ia dapat membuat miniatur empat sampai enam buah.

“Untuk bahan kaleng bekas, saya mendapatkan langsung dari pemulung yang ada di Blora. terkadang juga ambil di sekitar lingkungan juga. Dari yang tadinya memanfaatkan barang bekas, kini jadi berburu barang bekas,” imbuhnya.

Joko menambahkan harga untuk miniatur ia hargai mulai Rp 20 ribu hingga Rp 40 ribu tergantung model miniatur yang di inginkan. Seperti harga miniatur vespa sebesar Rp 20-25 ribu, becak Rp 30 ribu dan miniatur mobil sebesar RP 40 ribu.

“Para pelanggan biasanya kebanyakan dari media sosial karena saya memasarkannya melalui facebook. Tapi para pelanggan ada juga yang datang ke rumah langsung dan bisa meminta sesuai warna kaleng untuk dibuat miniatur yang diinginkan,” lanjutnya.

Saat ini meski baru satu bulan menekuni kegiatannya membuat miniatur, dia mengaku sudah bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia mengaku membuat miniatur dari kaleng bekas sebagai upaya sampingan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. (teg-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved