Blora on News :
Home » , , » Kebun Buah Klapanan Akan Dijadikan Percontohan Agropolitan di Kab.Blora

Kebun Buah Klapanan Akan Dijadikan Percontohan Agropolitan di Kab.Blora

infoblora.com on Apr 14, 2016 | 2:30 PM

Klengkeng dengan pohon yang rendah dan berbuah banyak menjadi salah satu tanaman unggulan kebun Klapanan Tunjungan, Blora. (foto: war-ib)
BLORA. Pemkab Blora berencana akan menjadikan perkebunan buah seluas hampir 30 hektar di Dukuh Klapanan Desa/Kecamatan Tunjungan menjadi percontohan agropolitan di Kabupaten Blora. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Blora H.Arief Rohman M.Si saat dihubungi Info Blora, Kamis (14/4).

“Kebun buah milik Pak Bambang di Tunjungan ingin kita jadikan percontohan pusat agropolitan di Kabupaten Blora. Pak Bupati sudah setuju, tinggal bagaimana nanti kita akan merangkul beberapa pihak terkait untuk mewujudkannya baik Dinas Pertanian, Perhutani, dll. Di sekitar kebun tersebut terdapat lahan Perhutani yang bisa dikembangkan untuk tanaman buah-buahah di sela-sela tegakan jati,” ucap Arief Rohman, Kamis (14/4).

Menurutnya, agropolitan adalah kawasan kota pertanian yang tumbuh dan berkembang karena adanya sistem agribisnis yang mampu melayani, mendorong, dan menarik kegiatan pembangunan sektor pertanian dalam arti luas.

Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si (dua dari kanan) berdiskusi tentang grand
design agropolitan di Pendopo Kebun Buah Klapanan, Kamis (14/4).
“Kita ingin Blora unggul sebagai penghasil buah-buahan. Sehingga untuk mewujudkan agropolitan tersebut, kita mulai dari perkebunan buah yang sudah ada di tepi Waduk Greneng ini,” ujar Arief Rohman.

Kamis siang tadi bertempat di Pendopo Kebun Buah Klapanan, Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si bersama Perhutani, Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Perikanan (Dintanbunakikan) Kab.Blora, pimpinan PT.MSS selaku pengelola kebun buah, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan Kades setempat telah berdialog untuk membicarakan grand design agropolitan.

Sementara itu, secara terpisah, salah satu pengelola kebun buah, Warsono ketika dihubungi Info Blora menyatakan jika seminggu yang lalu Plt.Sekda Blora Sutikno Slamet bersama Dirjen Kehutanan dan Lingkungan Hidup serta perwakilan Perhutani KPH Blora juga datang ke kebun yang berada di tenggara Waduk Greneng tersebut untuk membicarakan rencana pengembangan perkebunan.

“Pihak Perhutani menyatakan kesiapannya untuk memberikan bantuan pengembangan kebun buah. Ia meminta kami untuk melaporkan apa-apa saja yang diperlukan demi pengembangan perkebunan di lahan milik KPH Blora agar bisa ditindaklanjuti oleh Perhutani,” kata Warsono.

(berita sebelumnya : klik Hebat, Puluhan Hektar Bukit Gersang di Blora ini Disulap Jadi Kebun Buah)

Dari segi infrastruktur, jalan menuju lokasi kebun sejauh 2 km memang masih berupa bebatuan. Perlu perbaikan jalan agar akses keluar dan masuk ke kebun buah lebih nyaman. DPU Blora di tahun 2016 ini telah menganggarkan dana sejumlah Rp 820 juta untuk memperbaiki akses jalan menuju kebun buah yang saat ini masih dalam tahapan lelang proyek. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved