Blora on News :
Home » , » Hebat, Puluhan Hektar Bukit Gersang di Blora ini Disulap Jadi Kebun Buah

Hebat, Puluhan Hektar Bukit Gersang di Blora ini Disulap Jadi Kebun Buah

infoblora.com on Apr 11, 2016 | 10:00 AM

Salah satu tanaman buah kelengkeng yang ditanam di kebun PT.MSS Dukuh Klapanan Desa Tunjungan, Blora. Pohonnya rendah namun sudah berbuah banyak. (foto: war-ib)
BLORA. Puluhan hektar lahan di perbukitan Dukuh Klapanan Desa Tunjungan Kecamatan Tunjungan Blora yang 5 tahun lalu gersang, dalam waktu 4 tahun kini disulap menjadi kebun buah yang memproduksi berbagai komoditas buah-buahan kualitas unggul dan layak ekspor.

Kebun buah yang dikelola oleh PT. Mustika Sinar Semesta (MSS) ini sebagai bukti bahwa Kabupaten Blora juga berpotensi sebagai pusat buah-buahan. Image Blora yang dikenal kering karena terletak di pegunungan kapur perlahan akan berubah.

Ialah Bambang Suharto, seorang pengusaha bidang pertanian dan agrobisnis asal Jepon Blora yang memprakarsai berdirinya kebun buah di sebelah tenggara Waduk Greneng ini. Dengan luas lahan hingga 30 hektare, kini yang sudah ditanami tanaman buah mencapai 13 hektare.

Ribuan pohon pepaya kalina tumbuh subur di kebun PT.MSS Tunjungan Blora.
(foto: war-ib)
“Sudah 4 tahun ini ditanami tanaman buah-buahan, alhamdulillah produksinya baik. Awalnya kita hanya berbekal rasa optimis dan keyakinan yang kuat, karena perkebunan itu tidak bisa cepat meraih untung. Harus telaten mengurus lahan, menanam, merawat, setelah berbuah baru bisa memperoleh keuntungan. Dengan catatan memiliki manajemen pemasaran yang baik,” ujar Bambang Suharto melalui Warsono salah satu pengelola kebun ketika ditemui Info Blora, Minggu (10/4) kemarin.

Menurut Warsono ada berbagai jenis buah-buahan yang ditanam di kebun tersebut dan kebanyakan adalah buah dengan kualitas unggul. Diantaranya pepaya kalina, pepaya delima, kelengkeng new cristal yang bediameter 5 cm dengan daging buah yang tebal dan manis, kelengkeng verni, srikaya merah varietas sunpablo, mangga fukuda, durian pelangi dari Papua yang dagingnya semburat merah, durian srikandi, jambu cristal dll.

“Untuk pemasaran hasil panen sementara ini masih untuk konsumsi lokal. Namun tidak menutup kemungkinan akan diekspor karena kualitas buah dari kebun ini tidak kalah dengan buah Thailand. Kami punya jaringan pemasaran yang luas,” lanjut Warsono.

Dalam proses perawatannya, kebun buah terbesar di Blora ini mengandalkan penggunaan pupuk kandang dengan pekerja sebanyak 20 orang dari masyarakat sekitar kebun, sedangkan penjaganya ada 9 orang. “Setiap tahun kami beli pupuk kandang berupa kotoran ternak dari desa-desa sebanyak 200 hingga 300 truk,” ungkap Warsono.

Hamparan pohon kelengkeng di perbukitan Dukuh Klapanan Tunjungan milik PT.MSS. (foto: war-ib)
Salah satu kendala yang dihadapi perkebunan ini adalah masalah air. Pihak pengelola kebun telah membuat sumur bor hingga 100 meter lebih untuk kepentingan penyiraman tanaman.

“Sementara ini pake air sumur, namun jika kemarau kami ijin menggunakan air Waduk Greneng. Disamping itu, kami juga terus mencari sumber air yang pas untuk dijadikan sumur baru. Beberapa waktu lalu Dosen Teknik Geologi Undip juga datang kesini untuk membantu pencarian titik air,” jelas Warsono.

Sudah banyak pejabat tinggi yang datang mengunjungi kebun buah Klapanan ini untuk melakukan penelitian, studi dan pengamatan tanaman. “Bupati, Wakil Bupati,Dosen dari IPB Bogor pernah kesini, Dirjen Perkebunan dari Kementerian Pertanian pernah kesini. Terakhir Jumat lalu Dirjen Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH) bersama Sekda Blora dan Adm Perhutani datang juga untuk membahas potensi perluasan lahan perkebunan buah di sela tegakan jati milik Perhutani KPH Blora,” pungkasnya.

Hanya saja sampai saat ini kebun buah terbesar di Kabupaten Blora belum dibuka untuk umum. Pengelola masih fokus untuk perawatan dan produksi buah. Kecuali ada kunjungan untuk penelitian, studi tanaman atau belajar perkebunan akan diijinkan. Pengelola terbuka untuk sharing kepada sesama petani buah. (jo-infoblora)
Share this article :

2 komentar:

anton s said...

Good job Pak.. Jadinya semakin bangga dengan potensi daerah Blora.. Lanjutkan... Wassalam..

joko sudarsono said...

sip.moga blora akan unggul

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved