Blora on News :
Home » , , » Giatkan Sergap, Blora Targetkan Serap Gabah Petani Hingga 11.000 Ton

Giatkan Sergap, Blora Targetkan Serap Gabah Petani Hingga 11.000 Ton

infoblora.com on Apr 29, 2016 | 5:00 AM

Bupati pimpin rapat koordinasi sergap di Makodim 0721 Blora, Kamis (28/4) kemarin. (foto: dim-bla)
BLORA. Pemkab Blora terus mendorong upaya penyerapan gabah hasil petani (sergap) agar bisa masuk ke Bulog dengan harga pembelian pemerintah (HPP) Rp 3700 per kg. Hal itu dilakukan agar harga gabah petani tidak jatuh rendah ke tangan tengkulak.

Untuk menyukseskannya, Pemkab Blora pun menargetkan serapan gabah hingga bulan Mei nanti mencapai 11.000 ton. Hal tersebut disampaikan Bupati H.Djoko Nugroho saat memimpin rapat koordinasi sergap di aulan Makodim 0721 Blora, Kamis (28/4) kemarin.

“Saya targetkan semua gabah hasil petani bisa masuk ke Bulog dengan HPP yang layak. Target kita hingga Mei nanti harus bisa menyerap gabah hingga 11.000 ton. Saya minta kerjasamanya dengan Bulog, Dinas Pertanian dan TNI,” tegas Bupati.

Menurutnya hingga 27 April kemarin, serapan gabah petani baru mencapai 7.999 ton beras. Sehingga masih kurang sekitar 3.000 ton yang harus segera dipenuhi oleh Gudang Bulog Blora.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Perikanan (Dintanbunakikan) Blora, Ir.Reni Miharti menyatakan bahwa saat ini masa panen petani di Kabupaten Blora tinggal sedikit, maka penyerapan gabah harus dioptimalkan.

“Agar target sergap bisa tercapai, perlu dioptimalkan serapan gabah langsung dari petani. Kita bisa bermitra dengan kelompok tani (poktan) atau usaha dagang yang belum bermitra dengan bulog. Saya optimis jika hal itu dilakukan maksimal maka target kekurangan 3.000 ton akan tercapai,” jelas Reni Miharti.

Ia meminta semua penyuluh pertanian bisa berkoordinasi dengan TNI, kalau melihat ada petani yang baru panen bisa langsung diarahkan untuk diserap kepada Bulog.

Sedangkan Wakil Sub Drive Bulog Pati, Refianto menjelaskan nantinya pengadaan gabah akan dilaksanakan dari petani yang ada di Blora sendiri. Soal masih kurang 3000 ton dirinya optimis akan bisa dicapai. “Kekurangan dalam penyerapan gabah optimis akan di capai,” ucapnya.

Hadir dalam rapat koordinasi Sergap Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Susilo diwakili Kasdim Mayor Kav Burhanuddin, ST,  Kepala Distanbunnakikan Blora Ir. Reni Miharti, Waka Bulog Drive Pati Refianto, Asisten 2 diwakili Kabag Perekonomian Rudati, Kadin Ketahanan Pangan diwakili Sudarman, Kepala gudang Bulog Jepon Kis Muntoyo, Danramil jajaran Kodim Blora, para Gapoktan mitra dan non mitra bulog dan PPL se Kabupaten Blora. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved