Blora on News :
Home » , » Gelorakan Permainan Tradisional, Anak-anak Antusias Dolanan di CFD Alun-alun

Gelorakan Permainan Tradisional, Anak-anak Antusias Dolanan di CFD Alun-alun

infoblora.com on Apr 3, 2016 | 8:30 AM

Anak-anak saat mengikuti CFD di Alun-alun Blora dikenalkan lagi dengan permainan tradisional seperti egrang, bakiak, kekehan, lompat tali dll yang kini mulai pudar. (foto: rs-infoblora)
BLORA. Sunday Morning atau hari minggu pagi tidak hanya dimanfaatkan warga Kota Blora untuk berolahraga bersama di arena Car Free Day (CFD) Alun-alun Blora dan sepanjang Jl.Pemuda. Namun juga dimanfaatkan untuk memberikan edukasi kepada anak-anak, mengenalkan kembali permainan tradisional yang kini mulai pudar di kalangan generasi muda.

Seperti yang dilakukan Edi Purwanto bersama teman-temannya yang rela membuat alat-alat permainan tradisional agar bisa dimanfaatkan anak-anak kecil bermain secara gratis saat digelar CFD di Alun-alun Blora.

“Sudah tiga minggu ini kami dan teman-teman selalu membawakan alat permainan tradisional ke Alun-alun agar digunakan anak-anak bermain. Kami kenalkan lagi asyiknya bermain dengan permainan tradisional yang bisa mengasah kekompakan, keseimbangan dan ketangkasan fisik anak. Seperti dolanan egrang, bakiak, lompat tali, kekehan dll,” jelas Edi.

Dolanan gratis untuk anak-anak setiap Minggu pagi di kawasan CFD Alun-alun
Kota Blora. (foto: rs-infoblora)
Menurutnya kini anak-anak mulai lupa dengan permainan tradisional Indonesia ini. Mereka lebih banyak bermain menggunakan media elektronik, game online ataupun game di handphone. Dengan kegiatan ini ia berharap kedepan permainan tradisional Indonesia di Blora ini tetap lestari.

Anak-anak pun antusias mencoba bermain egrang, kekehan, bakiak dan lompat tali. Secara bergantian mereka memainkannya secara berkelompok maupun individu di Alun-alun bagian barat, depan Masjid Agung Baitunnur.

“Senang bisa ikut bermain disini, baru kali ini tahu yang namanya egrang. Seru mas, walau awalnya tadi takut jatuh,” kata Andri salah satu anak yang bermain egrang.

Begitu juga dengan Fani bersama kedua temannya yang memilih bermain lompat tali. Ia merasa senang bisa bermain melatih kelincahan lompatan menggunakan tali yang dipegangi oleh kedua temannya. “Sudah 2 kali bermain disini, hari minggu kemarin dan hari ini. Lumayan capek lompatan, tapi senang,” ujarnya sambil senyum. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved