Blora on News :
Home » , » Ganjar Pranowo Dorong Lapangan Terbang Ngloram Cepu Jadi Bandara Komersil

Ganjar Pranowo Dorong Lapangan Terbang Ngloram Cepu Jadi Bandara Komersil

infoblora.com on Apr 4, 2016 | 1:00 AM

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo diapit Bupati Djoko Nugroho dan Wabup Arief Rohman saat berdiskusi tentang pembangunan Blora, salah satunya Bandara Ngloram. (foto: tq-infoblora)
BLORA. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung pengaktifan kembali lapangan terbang (lapter) Ngloram di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora menjadi sebuah bandar udara (bandara). Hal tersebut ia sampaikan saat berkunjung ke Blora memimpin musyawarah perencanaan pembangunan wilayah (musrenangwil) pekan lalu.

Bahkan orang nomor satu di Jateng ini mendorong agar pengaktifan kembali lapter Ngloram tidak hanya menjadi bandara khusus milik Kementerian ESDM guna aktifitas Pertamina, namun menjadi bandara komersil yang bisa didarati pesawat berpenumpang umum.

“Bandara Ngloram sudah masuk program pembangunan Jawa Tengah. Beberapa tahapan harus ditempuh terlebih dahulu agar pengaktifan bandara bisa benar-benar terwujud. Mulai pengalihan status lahan, pembebasan lahan untuk perluasan landasan, ditelaah juga potensi penerbangannya, hingga rute penerbangannya. Perlu koordinasi dengan Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan dan perusahaan penerbangan agar bisa menjadi bandara komersil,” jelasnya.

Menurutnya kejelasan lahan harus diselesaikan terlebih dahulu dengan Kementerian ESDM. Jika memang bisa dialihkan ke pemerintah daerah maka akan lebih bagus. “Kita komunikasikan terus dengan Pemkab agar pengalihan lahan bisa dilakukan.  Baru nanti tahap berikutnya memikirkan pembangunan landasan yang butuh tambahan,” lanjutnya.

Saat ini pihaknya terus melakukan negosiasi dengan Kementerian ESDM untuk menjadikan Ngloram sebagai bandara komersial. Misalnya tentang jenis pesawat yang akan mendarat, apakah Garuda, Pelita Air, Susi Air atau lainnya.

“Pesawat itu terbang dari mana, juga harus jelas. Apakah dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Cengkareng atau Pondok Cabe,” tandasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Blora, H.Arief Rohman M.Si menyatakan bahwa Lapangan Terbang Pondok Cabe di Tangerang Selatan akan diaktifkan kembali dan Garuda Indonesia bersedia membuka penerbangan dari Pondok Cabe untuk melayani penerbangan ke daerah-daerah lain, salah satunya Ngloram Cepu.

“Ini merupakan salah satu peluang, sehingga daerah harus segera memberikan dukungan untuk menangkap peluang tersebut. Kami dari Pemkab bersama Pemprov akan terus melakukan koordinasi agar pengaktifan Ngloram menjadi bandara bisa secepatnya dilakukan,” ujarnya. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved