Blora on News :
Home » , , » Djoko-Arief Bertekad Mempermudah Akses Transportasi Menuju Kab.Blora

Djoko-Arief Bertekad Mempermudah Akses Transportasi Menuju Kab.Blora

infoblora.com on Apr 8, 2016 | 10:30 AM

Buuati Kokok dan Wakil Bupati Arief Rohman (tengah) saat menyampaikan rencana pembangunan Kabupaten Bora 2016-2021 di Bappeda, Rabu (6/4) lalu, salah satunya meningkatkan akses transportasi. (foto: as-infoblora)
BLORA. Di masa kepemimpinannya bersama Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si, Bupati Blora H.Djoko Nugroho selain terus membenahi kualitas jalan, ia juga bertekad untuk meningkatkan kualitas akses transportasi dari dan menuju wilayah Blora baik melalui darat, udara maupun moda kereta api.

“Jalan kabupaten yang menghubungkan antar kecamatan dan pedesaan yang berada di bawah pengelolaan Pemkab terus diperbaiki. Jalan kabupaten penghubung antar kecamatan sudah baik, kini saya minta DPU untuk fokus melakukan perbaikan jalan pedesaan terutama jalan desa hutan wilayah Blora Selatan,” ucap Bupati Djoko Nugroho.

Pihaknya juga akan mengatur ulang alur angkutan umum di Kota Blora dan sekitarnya. “Selain pasar dipindah ke Gabus, nanti akan ada sub terminal. Kalau perlu nanti saya beli 10 angkutan penumpang untuk melayani trayek penumpang melewati pasar, biar trayeknya diatur Dinas Perhubungan,” lanjutnya, saat Rapat Konsultasi Publik RPJMD, kemarin.

“Mengenai Lapangan Terbang Ngloram, saya dan pak wakil akan terus mengawal agar upaya pengaktifannya kembali menjadi bandara bisa segera dilakukan. Pak Ganjar juga sudah mendukung, sehingga Pemkab dan Pemprov akan bersama-sama bergerak mewujudkan bandara Ngloram dengan terus menjalin koordinasi dengan Kementerian ESDM selaku pemilik lahan dan Kemenhub selaku pengelola perhubungan dengan berbagai tahapan,” jelasnya.

Sementara itu Wakil Bupati H.Arief Rohman mengatakan bahwa saat ini Bojonegoro Jatim juga terus mengupayakan agar di wilayahnya bisa dibangun Bandara, namun peluangnya lebih besar Kabupaten Blora.

“Bojonegoro juga terus berupaya agar mereka bisa mambangun bandara, namun belum mendapatkan ijin pembebasan lahan karena akan menggunakan lahan milik Perhutani. Selain itu radar penerbangan juga terlalu dekat dengan Iswahyudi Madiun. Blora yang peluangnya lebih besar, lahannya sudah ada tinggal diperluas dan diaktifkan kembali. Mohon doanya agar Bandara Ngloram bisa segera terwujud,” ujar Arief Rohman.

Kemudian, dengan telah ditetapkannya Jalan Rembang-Blora-Cepu menjadi jalan nasional, menyambung jalan nasional Padangan-Bojonegoro dan Padangan-Ngawi, pihaknya juga berharap ada peningkatan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Blora.

“Mulai Januari 2016 lalu, jalur Rembang-Blora-Cepu sudah jadi jalan nasional. Kami terus mendorong agar Kementerian Pekerjaan Umum bisa melakukan pembangunan jalan yang maksimal. Sedangkan untuk Blora Selatan aksesnya akan dibuka dengan pembangunan jembatan Bengawan Solo di Kecamatan Kradenan menuju Ngraho sehingga transportasi lebih singkat, tidak terpusat ke Cepu yang jauh dari Kradenan dan Randublatung untuk menuju Bojonegoro dan Ngawi. Apalagi jika tol Solo-Ngawi beroperasi, saya ingin ada tol juga menuju Cepu,” bebernya.

Sedangkan jalan provinsi Cepu-Randublatung-Doplang, Blora-Kunduran, Ngawen-Japah-Todanan hingga perbatasan Pati terus diperbaiki oleh Bina Marga Jawa Tengah. Hingga saat ini ada sejumlah perbaikan dengan rigid beton di ruas jalan provinsi tersebut.

Pekan lalu, Wakil Bupati yang juga mantan staf khusus Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) ini juga berkunjung ke Stasiun Cepu untuk berkoordinasi dengan PT.KAI guna mengupayakan agar kereta eksekutif Jakarta-Surabaya bisa berhenti di Cepu.

“Teman-teman dari Jakarta sering kesusahan kalau ingin ke Blora. Kalau banyak kereta eksekutif yang bisa berhenti di Stasiun Cepu maka akan lebih banyak pilihan. Apalagi Stasiun Cepu intensitas penumpangnya tidak kalah dengan Stasiun Bojonegoro. Pemkab akan ajukan surat ke PT.KAI agar kereta eksekutif semakin banyak yang berhenti di Cepu, minimal 5 menit sudah membantu,” pungkasnya. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved