Blora on News :
Home » , , » Diresmikan Bupati, Temon Temurejo Ditetapkan Jadi Kampung KB di Kab.Blora

Diresmikan Bupati, Temon Temurejo Ditetapkan Jadi Kampung KB di Kab.Blora

infoblora.com on Apr 5, 2016 | 3:30 PM

Bupati memimpin pemukulan kentongan bersama Forkopimda saat mencanangkan Kampung KB di Dukuh Temon Desa Temurejo, Selasa (5/4). (foto: tio-infoblora)
BLORA. Selasa pagi (5/4) pukul 09.00 WIB, Bupati H.Djoko Nugroho bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kab.Blora, Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB), perwakilan BKKBN Jawa Tengah, dan TP PKK Kab.Blora meresmikan Dukuh Temon Desa Temurejo Kecamatan Blora sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB).

Dipilihnya Dukuh Temon Desa Temurejo sebagai Kampung KB menurut Kepala Desa Temurejo, Timbul, karena di desanya warga usia produktif yang mengikuti program KB masih tinggi dibandingkan dengan desa-desa lainnya.

“Di desa kami khususnya di Dukuh Temon ini dari semua usia produktif yang ada, peserta KB aktifnya mencapai 87 persen. Pelayanan kesehatan di Posyandu pun berjalan baik sehingga pas jika ditetapkan menjadi Kampung KB,” ujar Timbul, Kades Temurejo.

Bupati H.Djoko Nugroho sendiri menetapkannya sebagai Kampung KB berdasarkan Surat Keputusan Nomor 476/1/03-2016 tertanggal 10 Maret 2016. Sedangkan pencanangan Kampung KB baru dilaksanakan hari ini dengan diawali peresmian gapura Kampung KB dan dilanjutkan dengan acara seremonial di lapangan Dukuh Temon diikuti seluruh tenaga penyuluh KB se Kabupaten Blora dan warga setempat.

Dalam sambutannya, Bupati Kokok (sapaan akrab Djoko Nugroho) menekankan kepada masyarakat bahwa di jaman sekarang hidup semakin sulit, persaingan lapangan pekerjaan semakin ketat. Warga diminta bisa merencanakan kelahiran dan kesejahteraan keluarganya masing-masing agar ekonomi bisa mapan.

“Ibu-ibu disini sepakat nggih cukup 2 anak saja, jangan lebih. Mau perempuan dan laki-laki, perempuan semua atau laki-laki semua itu sama saja. Tidak masalah. Jangan hanya karena ingin punya anak perempuan lalu bikin anak terus lantaran anaknya laki-laki. Jangan seperti itu,” ujarnya, disambut tawa ibu-ibu Dukuh Temon.

Ia juga meminta semua SKPD untuk mendukung perwujudan Kampung KB di Dukuh Temon Desa Temurejo tersebut. Masing-masing SKPD harus ikut menyukseskan Kampung KB sesuai dengan bidang kerja masing-masing. KB bukan hanya urusan batasan anak, namun bagaimana mewujudkan perencanaan keluarga menuju ekonomi yang sejahtera.

“Pencanangan Kampung KB bukan hanya tanggung jawab BKKBN dan BPMPKB, namun tanggung jawab semua. Misalnya di bidang pertanian, agar ekonomi masyarakat lebih tertata nanti Dinas Pertanian agar bisa membantu pengadaan traktor. Saya siap bantu 3 traktor dengan catatan satu tahun kedepan hasilnya harus bagus. Kalau jelek bakal saya blacklist,” tegasnya.

Pencanangan Kampung KB ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Forkopimda dipimpin oleh Bupati H.Djoko Nugroho. Hadir dalam kesempatan itu Ketua DPRD Kabupaten Blora Bambang Susilo, Sekretaris BKKBN Jawa Tengah Dra.Erna Sulistyawati MM, Dandim, Kapolres, Kejari dan Forkopimcam Blora.

Dalam pertangahan acara dilakukan pula penyerahan bantuan dari Dinas Kesehatan berupa susu, obat-obatan, dan makanan bergizi untuk balita dan ibu hamil. Serta peralatan posyandu mulai timbangan, dacin dll kepada pengurus posyandu Dukuh Temon.

Acara diakhiri dengan peninjauan rumah warga peserta KB aktif oleh Bupati, pengecekan layanan Posyandu dan sosialisasi layanan KB di Dukuh Temon Desa Temurejo. Bupati berharap agar usai pencanangan ini, program KB terus berlanjut hingga tahun-tahun berikutnya.

“Saya ingin desa ini kedepan menjadi Kampung KB Model untuk Kabupaten Blora. Karena baru satu-satunya ada di Kabupaten Blora, sehingga harus bisa jadi teladan pelaksanaan KB,” pungkasnya. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved