Blora on News :
Home » , » Dikucuri Rp 4,69 Miliar, Pembangunan Jembatan Kedungjenar-Beran Dimulai

Dikucuri Rp 4,69 Miliar, Pembangunan Jembatan Kedungjenar-Beran Dimulai

infoblora.com on Apr 27, 2016 | 7:30 AM

Pelaksana proyek mulai membongkar bangunan penghalang akses jembatan Kedungjenar-Beran, Selasa (26/4) kemarin. (foto: ag-infoblora)
BLORA. Keinginan Pemkab untuk menambah akses jembatan Sungai Lusi di wilayah Kota Blora mulai direalisasikan. Setelah beberapa tahun belakangan hanya wacana, kini pembangunan jembatan Sungai Lusi penghubung Kelurahan Kedungjenar menuju Kelurahan Beran telah dimulai.

Pemkab melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) pun mengucurkan anggaran dari APBD 2016 sebesar Rp 4,69 miliar untuk pembangunan jembatan yang berada di sebelah selatan SMP Negeri 2 Blora ini.

“Pembangunan siap dimulai, proses lelang sudah selesai dilakukan dan Selasa kemarin telah disosialisasikan kepada warga Kelurahan Kedungjenar perihal kesiapan pembangunan jembatan. Keseluruhan warga menyetujui pembangunan jembatan tersebut,” jelas Plt Kepala DPU Blora, Bondan Sukarno melalui Kabid Bina Marga Ir.Didik Esti Pratama, Rabu (27/4).

Papan proyek pembangunan Jembatan Kedungjenar-Beran sudah dipasang di
depan SMP Negeri 2 Blora. (foto: ag-infoblora)
Menurutnya ada beberapa catatan yang diperoleh pada saat sosialisasi kemarin. Diantaranya warga Kedungjenar sekitar lokasi pembangunan jembatan meminta ganti rugi jika ada sebagian lahan miliknya yang terkena proyek pembangunan. Kemudian pelaksana proyek harus memperhatikan lingkungan, khususnya dalam mempergunakan alat berat agar getarannya tidak merusak bangunan lain.

“Warga takut jika alat berat menimbulkan getaran yang besar. Kami memastikan getaran tidak akan mengganggu bangunan rumah warga karena pelaksana proyek hanya menggunakan eskafator PC 300,” ujarnya.

Sementara itu perihal adanya sumber air yang dimanfaatkan warga untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari di sekitar lokasi pembangunan jembatan, diminta agar tetap dijaga. Jangan sampai rusak terkena alat berat pembangunan proyek.

Usai sosialisasi, Selasa siang (26/4) kemarin pelaksana pembangunan Jembatan Kedungjenar yakni PT.Setamaindra Surya Adi Utama langsung melakukan pembongkaran bangunan MCK umum dan rumah bekas lokasi madrasah diniyah yang berdiri di jalan akses proyek.

“Bangunan MCK umum dan rumah bekas madrasah ini berada di tengah jalan akses menuju lokasi pembangunan jembatan. Sehingga berdasarkan kesepakatan bersama harus dirobohkan untuk lokasi material pembangunan jembatan. Kedepan beberapa kios yang berdiri di depan SMP Negeri 2 Blora juga akan dibongkar agar akses jalan menuju jembatan bisa lebar. Kami beri waktu tenggang hingga bulan Agustus agar pemilik kios bisa membongkarnya sendiri,” lanjutnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Info Blora, pembangunan jembatan sesuai perjanjian kontrak dimulai pada 22 April hingga 27 November 2016 atau selama 220 hari kalender. Pembangunan jembatan akan tembus ke Kelurahan Beran tepatnya di Jl.Cendana lorong 3.

Warga berharap dengan adanya pembangunan Jembatan Kedungjenar, kedepan arus lalu-lintas di Kota Blora bisa dipecah. Selama ini terpusat di Jembatan Kaliwangan dan Jembatan Pakis. Selain itu wilayah Kelurahan Beran juga akan semakin hidup karena akses transportasi yang lebih dekat menuju Kota. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved