Blora on News :
Home » , » Bupati : Alat Pencetak Akan Diperbanyak, Urus Adminduk Cukup di Kecamatan

Bupati : Alat Pencetak Akan Diperbanyak, Urus Adminduk Cukup di Kecamatan

infoblora.com on Apr 16, 2016 | 2:00 AM

Bupati Blora H.Djoko Nugroho. (foto: ag-infoblora)
BLORA. Hingga saat ini pelayanan dokumen administrasi kependudukan (adminduk) di Kabupaten Blora masih terpusat di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) yang ada di Kota Kabupaten. Tak ayal antrian panjang pun sering terjadi sehingga pelayanan kurang maksimal.

Apalagi masyarakat dari pelosok desa seperti wilayah Bangkleyan Kecamatan Jati atau Megeri Kecamatan Kradenan harus rela jauh-jauh ke Blora yang berjarak hingga 60 km hanya untuk mengurus KTP elektronik atau dokumen lainnya.

Keadaan tersebut mendorong Bupati Blora H.Djoko Nugroho untuk segera mengadakan alat pencetak KTP elektronik dan dokumen adminduk lainnya agar bisa di tempatkan di masing-masing kecamatan sehingga warga tidak perlu jauh-jauh ke Blora hanya untuk urus KTP.

“Saya ingin warga saat mengurus KPT elektronik, KK, Akta Kelahiran atau dokumen kependudukan lainnya itu cukup di Kecamatan saja. Tidak perlu jauh-jauh ke Blora. Kalau memang kendalanya keterbatasan alat pencetakan, nanti di APBD Perubahan 2016 akan kita anggarkan untuk membeli alat tersebut,” tegas Bupati, Jumat (16/4) kemarin.

Menurut Bupati yang akrab dipanggil Pak Kokok ini, dengan adanya alat pencetak KTP elektronik di masing-masing kecamatan akan bisa memudahkan warga dalam pengurusannya. “Pembuatan akan dipermudah di Kecamatan, dan semuanya gratis. Kalau ada yang memungut biaya, laporkan saya,” lanjut Pak Kokok.

Sementara itu, Kepala Dindukcapil Kabupaten Blora Purwadi Setiyono menyampaikan bahwa selain pengadaan alat cetak adminduk, pihaknya juga memerlukan ketersediaan jaringan teknologi yang digunakan untuk menghubungkan ke server pusat di Kementerian Dalam Negeri.

Pihak Dindukcapil sendiri hingga kini juga telah melaksanakan program adminduk keliling di desa-desa untuk melayani pembuatan KPT Elektronik, KK dan Akta Kelahiran. “Pelayanan jemput bola ke desa-desa juga kami laksanakan setiap hari Selasa-Rabu. Seperti yang dilaksanakan minggu lalu di Desa Gadon dan Desa Ngloram Kecamatan Cepu. Sebelumnya juga pernah dilaksanakan di Jati dan Kedungtuban,” pungkasnya. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved