Blora on News :
Home » , » Barongan Blora Bakal Meriahkan "24 Jam Menari" World Dance Day 2016

Barongan Blora Bakal Meriahkan "24 Jam Menari" World Dance Day 2016

infoblora.com on Apr 28, 2016 | 6:00 PM

Paguyuban Seni Barongan Blora Risang Guntur Seto saat tampil beberapa waktu lalu. Jumat besok ia akan mewakili Blora tampil di 24 Jam Menari "World Dance Day" di ISI Surakarta. (foto: ag-infoblora)
BLORA. Keberadaan kesenian barongan Blora kini mulai dikenal dan diminati khalayak luas. Bahkan banyak acara di luar daerah yang sengaja mengundang grup barongan Blora untuk datang guna memeriahkan event di kota tersebut.

Seperti yang akan dilakoni paguyuban Barongan Blora “Risang Guntur Seto” Kelurahan Kunden, pada hari Jumat (29/4) besok ikut memeriahkan acara 24 Jam Menari di Solo dalam rangka peringatan Hari Tari Dunia atau Wolrd Dance Day 2016.

Menurut penuturan Adi Wibowo, pengasuh paguyuban seni barong Risang Guntur Seto, menjelaskan bahwa tim kesenian yang dipimpinnya akan mewakili Blora dalam event tahunan yang diselenggarakan di kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

“Setiap tanggal 29 April masyarakat di seluruh dunia memperingati hari tari, dan ISI Surakarta mempercayakan kami sebagai bintang tamu mewakili Kabupaten Blora untuk tampil di acara 24 Jam Menari dalam rangka hari tari dunia besok,” ungkapnya.

Paguyuban Barongan yang pernah menjuarai Internasional Etnic Culture Festival di Yogyakarta tahun 2011 ini pun akan berusaha tampil maksimal membawa nama besar Blora di kampus ISI Surakarta.

“ISI Surakarta itu gudangnya penari dan seniman, sedangkan kami hanya seniman daerah. Sehingga kami akan berusaha tampil maksimal agar tidak kalah dengan tim kesenian lain. Semalam sudah latihan hingga tengah malam bersama anak-anak,” lanjutnya.

Ia mengatakan bahwa Jumat besok tim barongannya akan tampil pada malam hari. “Kemarin dikabari pihak panitia, kita dapat giliran tampil malam hari pukul 20.00 WIB. Sehingga besok pagi kami ngloloni budal gasik agar bisa sampai Solo lebih awal untuk persiapan,” ucap Didik, sapaan akrab Adi Wibowo.

Sementara itu berdasarkan informasi dari Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Blora, besok yang akan tampil di 24 Jam Menari ISI Surakarta tidak hanya tim barongan Risang Guntur Seto. Tim barongan Thir Thur Laskar Sogok Thungtheng dari SMP Negeri 5 Blora juga akan tampil pada siang harinya.

Sedangkan pada peringatan World Dance Day 2016 di UNNES Semarang, Jumat besok, juga ada 2 tim kesenian Barongan Blora yang akan turut memeriahkan. Yakni paguyuban Putro Bhumi Mustiko Randublatung dan Empu Supo Ngawen. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved