Blora on News :
Home » , » Warga Pedesaan Antusias Ikuti Layanan Adminduk Mobile Dindukcapil Blora

Warga Pedesaan Antusias Ikuti Layanan Adminduk Mobile Dindukcapil Blora

infoblora.com on Mar 17, 2016 | 8:00 AM

Warga Desa Tobo Kecamatan Jati antusias mengikuti layanan adminduk mobile Dindukcapil Kabupaten Blora. (foto: capil-ib)
BLORA. Warga Desa Doplang dan Desa Tobo Kecamatan Jati tampak antusias mengikuti layanan kepengurusan administrasi kependudukan yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Blora, selama 2 hari kemarin mulai Selasa (15/3) hingga Rabu (16/3). Ratusan warga secara bergantian melakukan pengurusan Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran dan E-KTP secara gratis di balaidesa setempat.

Perlu diketahui langkah ini dilakukan Dindukcapil Blora untuk terus meningkatkan layanan masyarakat hingga tingkat pedesaan walau dalam keterbatasan alat. Dengan layanan mobile, jemput bola ke pedesaan harapannya data adminduk di Kabupaten Blora bisa meningkat dan lebih lengkap.

Tahun ini tercatat ada 72 desa yang akan mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk). Ke-72 desa itu tersebar di 15 dari 16 Kecamatan di Kabupaten Blora, kecuali Kecamatan Kota. Pelayanan dengan turun ke desa-desa dilakukan Selasa dan Rabu setiap pekan,” ujar Kepala Dindukcapil Blora, melalui Kabid Pendaftaran Penduduk, Agus Listiyono.

Pihaknya turun ke desa dengan membawa seluruh peralatan pencatatan dan pencetakan dokumen administrasi kependudukan yang dibutuhkan. Sehingga pencetakan dokumen adminduk bisa dilakukan di tempat saat itu juga. Warga tanpa harus jauh-jauh ke kantor pusat yang ada di Kota Blora.

Adapun pelayanan adminduk yang diberikan diantaranya menurutnya adalah penerbitan kartu keluarga (KK), akta kelahiran termasuk pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Kedepan pihaknya akan menambah dengan pelayanan adminduk lainnya.

“Selama dua hari kemarin jadwal mobile pelayanan adminduk adalah Desa Doplang dan Desa Tobo di Kecamatan Jati. Pelayanan dipusatkan di balai desa setempat. Setelah dari Kecamatan Jati, pelayanan berikutnya akan merambah ke sejumlah desa di Kecamatan Kedungtuban, Cepu, Sambong, Jepon, Jiken, Kradenan, Randublatung, Tunjungan, Banjarejo, Ngawen, Kunduran, Todanan, Bogorejo dan Japah,” lanjutnya.

Jadwal pelayanan adminduk mobile sudah disusun hingga akhir Desember 2016. Namun apabila ada desa lainnya yang ingin mendapatkan pelayanan adminduk mobile, ia persilahkan untuk mengajukan permohonan kepada Kantor Dindukcapil agar bisa menjadwalkannya.

Dia menegaskan, pelayanan jemput bola ke desa-desa itu tidak berdampak pada pelayanan adminduk di kantor pusat Disdukcapil. ‘’Pelayanan di kantor Disdukcapil tetap berjalan seperti biasa,’’ ujarnya

Khusus untuk kepengurusan akta kelahiran, pihak Dindukcapil sudah melaksanakan kerjasama dengan bidan desa dan PKK agar bayi yang baru lahir bisa langsung diuruskan akta kelahirannya. “Semua tidak dipungut biaya, alias gratis. Untuk jadwal pelayanan mobile bisa menghubungi akun twitter @dukcapil_blora,” tegasnya. (jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved