Blora on News :
Home » , » Warga Minta Pemkab Blora Gerakkan SKPD Buka Kanal Informasi Secara Online

Warga Minta Pemkab Blora Gerakkan SKPD Buka Kanal Informasi Secara Online

infoblora.com on Mar 10, 2016 | 12:30 PM

Wakil Bupati Blora, H.Arief Rohman M.Si mendukung agar SKPD di Kabupaten
Blora segera membuka kanal layanan informasi publik, baik website maupun
media sosial twitter. (foto: rs-infoblora)
BLORA. Pemerintahan baru Kabupaten Blora dibawah pimpinan Bupati H.Djoko Nugroho dan Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si ternyata memiliki pekerjaan rumah (PR) besar di bidang layanan publik dan keterbukaan informasi masyarakat yang dirasa saat ini masih tertutup.

Beberapa warga banyak yang mengeluhkan susahnya akses layanan informasi sebagai wadah penyampaian keluhan masyarakat kepada Pemkab, baik Bupati, Wakil Bupati maupun jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Mereka meminta Pemkab Blora bisa menggerakkan seluruh SKPD untuk membuka kanal informasi masyarakat secara online baik melalui website, ataupun media sosial seperti facebook, twitter dan lainnya.

Seperti yang diungkapkan Zalinggar Rahayu pada Rabu malam (9/3), salah satu warga Blora yang ingin semua SKPD di Kabupaten Blora memiliki akun twitter sebagai wadah aduan masyarakat.

Melalui akun twitternya @zalinggar, ia menyatakan bahwa sebuah dinas atau SKPD perlu memiliki akun untuk berkomunikasi dengan masyarakat. “Punya akun twitter yang selalu online dan aktif merespon keluhan masyarakat, bukan yang lebih banyak off nya,” kicaunya.

Begitu juga dengan Setyo (27) warga Mlangsen Blora yang ingin Pemkab Blora seperti Pemprov Jateng, memerintahkan seluruh SKPD untuk membuka layanan online melalui media sosial twitter sehingga semua keluhan masyarakat bisa disampaikan kepada dinas terkait.

“Selama ini Pemkab Blora susah disentuh oleh masyarakat jika sedang ada masalah dibawah. Mereka bingung harus mengadu kemana dan lewat apa, karena terbatasnya akses layanan informasi dari Pemkab dan jajaran SKPD,” ucap Setyo, Kamis (10/3).

Menurutnya saat ini dengan adanya akun twitter milik Bupati @Djoko_Arief dan Wakil Bupati @SahabatRohman, dan @HumasBlora sudah sedikit mengobati terbatasnya akses penyampaian keluhan masyarakat ke pimpinan daerahnya. Namun ia meminta Pemkab juga bisa mendorong semua SKPD untuk membuka kanal informasi yang sama.

Sementara itu, secara terpisah Wakil Bupati Blora H.Arief Rohman M.Si saat dihubungi tim Info Blora pada Kamis (10/3) untuk dimintai tanggapannya mengenai banyaknya permintaan warga untuk mendorong keterbukaan akses layanan informasi publik di jajaran SKPD. Ia menyatakan bahwa dirinya setuju dengan usulan tersebut.

“Ini usulan yang bagus, seperti yang dilakukan oleh Gubernur Ganjar Pranowo dan Walikota Bandung Ridwan Kamil. Tidak ada salahnya, kita akan mencontoh hal baik ini. Sesegera mungkin akan saya sampaikan kepada Bupati dan berkoordinasi dengan Pak Sekda untuk mengundang seluruh kepada SKPD terkait hal ini,” ujar Arief Rohman.

Ia sangat mendukung keterbukaan layanan informasi publik kepada masyarakat. “Mempermudah akses masyarakat untuk mengadukan permasalahan yang dialaminya kepada pemerintah itu sangat bagus, sehingga memang perlu dilakukan gebrakan di bidang keterbukaan informasi publik,” pungkasnya. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved