Blora on News :
Home » , , » Tangani Longsor Ngloram, Pemkab Ajukan Pembangunan Plengsengan ke BBWS BS

Tangani Longsor Ngloram, Pemkab Ajukan Pembangunan Plengsengan ke BBWS BS

infoblora.com on Mar 21, 2016 | 5:00 AM

Wakil Bupati Blora, H.Arief Rohman M.Si (dua dari kiri) bersama Camat Cepu, petugas BPBD Blora dan Arifin korban longsor tanggul Bengawan Solo, saat meninjau lokasi longsor, Minggu sore (20/3). (foto: ag-infoblora)
BLORA. Longsornya tanggul Sungai Bengawan Solo di wilayah Desa Ngloram Kecamatan Cepu, Blora pada hari Selasa (9/2) lalu hingga kini belum mendapatkan penanganan yang serius dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo (BS) selaku pengelola daerah aliran sungai (DAS) Bengawan Solo.

Padahal longsoran tanggul mengancam pemukiman warga yang tinggal di lingkungan RT 02 RW 02 desa tersebut. Bahkan beberapa warga rela membongkar sebagian rumahnya karena takut ambrol terbawa sungai. Seperti yang dilakukan Arifin, salah satu warga pinggir Bengawan Solo.

“Sudah sebulan ini rumah saya bagian dapur dibongkar. Sementara harus merelakan tidak punya dapur. Jarak bibir sungai dengan dapur saya hanya 4 meter, daripada tergerus longsor, sehingga saya bongkar terlebih dahulu,” ucap Arifin, Minggu (20/3) kemarin.

Ia mengaku tidak punya pilihan lain jika harus pindah dari lokasi rumahnya tersebut. Menurutnya, dahulu jarak rumahnya dari Bengawan Solo cukup jauh. Namun dari tahun ke tahun, tanggul selalu longsor sehingga semakin mendekati rumahnya. Hal yang sama juga terjadi pada rumah Jupri, Agus dan Susanto yang tanahnya semakin habis terkikis Bengawan Solo.

Mengetahui keadaan tersebut, Pemkab Blora langsung memberikan respon untuk mengajukan pembangunan plengsengan penguat tanggul ke BBWS BS yang berkantor di Surakarta.

“Saya kesini meninjau keadaan tanggul yang longsor atas arahan Bupati. Segera Pemkab Blora akan mengajukan usulan pembangunan plengsengan ke BBWS Bengawan Solo. Pak Camat nanti biar buat surat ke DPU, Bupati akan menyetujui dan mengirimkan ke BBWS yang ada di Surakarta,” jelas Wakil Bupati Blora, H.Arief Rohman M.Si saat meninjau lokasi longsor di Desa Ngloram, Minggu sore (20/3) kemarin.

Sementara itu, Dinas PSDA Jawa Tengah melalui akun twitter resminya @psdajateng menjelaskan bahwa penanganan longsor tanggul Bengawan Solo di Desa Ngloram Kecamatan Cepu akan diusulkan BBWS Bengawan Solo pada tahun 2017. BBWS Bengawan Solo membutuhkan surat dukungan berupa usulan pembangunan dari Bupati Blora. (rs-infoblora) 
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved