Blora on News :
Home » , » Tak Perlu ke Dindukcapil, Bupati Inginkan E-KTP Bisa Dilayani di Kecamatan

Tak Perlu ke Dindukcapil, Bupati Inginkan E-KTP Bisa Dilayani di Kecamatan

infoblora.com on Mar 11, 2016 | 2:00 PM

Proses pembuatan E-KTP diminta Bupati agar bisa dilayani di tingkat kecamatan, tidak harus datang ke Dindukcapil Kabupaten. (foto: ilustrasi)
BLORA. Bupati Blora H.Djoko Nugroho terus berkeinginan meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat di bidang kependudukan dan catatan sipil. Saat memberikan sambutan di pembukaan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) Kabupaten Blora 2017, Kamis (10/3) kemarin, dirinya ingin proses pembuatan E-KTP cukup dilakukan di tingkat kecamatan saja agar masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) di pusat kabupaten.

“Pembuatan E-KTP coba nanti diserahkan ke masing-masing kecamatan saja biar lebih ringkas. Tidak perlu ke kabupaten, sehingga warga masyarakat lebih dekat ke kecamatan. Semoga 2017 nanti bisa diwujudkan,” ucapnya.

Sementara itu, Asisten 1 Bidang Pemerintahan, Riyanto menyatakan bahwa hingga saat ini pembuatan E-KTP memang masih dipusatkan di Dindukcapil Kabupaten. Hal tersebut dikarenakan alat atau mesin pencetak E-KTP belum tersedia di masing-masing kecamatan.

“Pada tahun 2012 lalu di kecamatan hanya dilakukan perekaman data E-KTP secara serentak, sedangkan pencetakan E-KTP masih dilakukan di pusat (Jakarta-red). Saat ini pencetakan sudah bisa dilakukan di Dindukcapil Kabupaten, tidak perlu menunggu pencetakan di pusat,” ujarnya.

Sedangkan keinginan Bupati agar pencetakan E-KTP bisa dilakukan cukup di tingkat Kecamatan akan diupayakan pada tahun 2017. “Kami akan ajukan anggarkan pengadaan alat pencetak E-KTP agar bisa ditempatkan di masing-masing kecamatan. Saat ini di kecamatan hanya ada alat pencetak KTP reguler yang sudah tidak berlaku lagi,” jelas Riyanto.

Koordinasi juga akan segera dilakukan dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil agar bisa mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan ditugaskan untuk melakukan pencetakan E-KTP di masing-masing kecamatan. “Kami siapkan teknisnya sambil menunggu pengadaan mesin pencetak E-KTP,” pungkasnya. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved