Blora on News :
Home » , , » Sudah Puluhan Truk Terperosok, Bekas Galian SPAM Cepu-Blora Masih Bahaya

Sudah Puluhan Truk Terperosok, Bekas Galian SPAM Cepu-Blora Masih Bahaya

infoblora.com on Mar 19, 2016 | 8:00 AM

Sebuah truk bernopol H-1590-JE terperosok ambles di tepi jalan Jend.Sudirman Bangkle Blora, bekas galian pipa SPAM. (foto: ag-infoblora)
BLORA. Bekas galian proyek pipanisasi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dari Cepu menuju Blora di tepi jalan Cepu-Sambong-Jiken-Jepon menuju Kota Blora ternyata hingga saat ini masih membahayakan kendaraan roda empat jenis truk yang bermuatan penuh.

Berdasarkan data yang ada di Satlantas Polres Blora, sejak dilakukan pengurukan tahun lalu hingga hari ini sudah tercatat ada puluhan truk yang terperosok dan ambles saat parkir di tepi jalan. Lokasinya tersebar mulai Sambong hingga Kota Blora.

Terakhir, Sabtu pagi tadi (19/3) sekitar pukul 05.00 WIB sebuah truk besar bermuatan pupuk dengan plat nomor hitam H-1590-JE ambles ban belakangnya sebelah kiri tepat di tepi Jl.Jendral Sudirman Kelurahan Bangkle, Kecamatan Kota Blora atau depan Pos Kesehatan Yonif 410 Alugoro Blora.

Ketika info Blora mendatangi lokasi amblesnya truk, awak sopir tidak ada di sekitar truk. Hanya saja lampu sen dinyalakan dan beberapa pembatas marka jalan berwarna orange dipasang sebagai tanda agar dari kejauhan dapat dilihat pengguna jalan lainnya agar hati-hati mengurangi kecepatan laju kendaraan. Sebab posisi truk memakan hampir separuh badan jalan.

“Semalam belum ada mas, pagi tadi tiba-tiba truk sudah terperosok disitu. Mungkin ambles karena dibawahnya itu bekas galian pipa SPAM. Sudah sering kejadian seperti ini mas, belum lama juga ada truk ambles di sebelah timurnya. Mungkin supirnya sedang cari bantuan tenaga untuk bongkar muatan,” jelas Suparman, warga Bangkle.

Ia berharap agar pelaksana proyek SPAM bisa benar-benar membenahi struktur kepadatan tanah tepi jalan bekas galian. “Sebelum ada proyek SPAM, belum ada kasus truk ambles seperti akhir-akhir ini. Semoga pelaksana proyek bisa mengembalikan kepadatan tanah seperti semula,” harapnya.

Dirinya juga meminta para pengendara truk untuk berhati-hati ketika memarkirkan kendaraannya di tepi Jalan Cepu-Blora ketika ingin beristirahat atau melepas lelah.

Sementara itu berdasarkan data dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Blora, pemasangan Pipa SPAM merupakan proyek dari Kementerian PU yang dilaksanakan oleh PT.Hutama Karya sebagai rekanannya. Anggaran berasal dari APBN Pusat.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, pihak PT.Hutama Karya juga telah memasang rambu-rambu peringatan bahwa tanah masih rawan ambles. Namun banyak sopir truk yang nekad memarkirkan kendaraannya di tepian jalan bekas SPAM sehingga terperosok. PT.Hutama Karya sendiri masih terus melakukan pemadatan dengan menggunakan material batu grosok yang diratakan menggunakan bantuan alat berat di wilayah Jepon menuju Blora.

Sekedar mengingatkan, proyek SPAM dikerjakan sebagai bantuan Kementerian PU untuk mengatasi kekeringan yang sering melanda Kabupaten Blora ketika musim kemarau tiba. SPAM nantinya akan mengalirkan kebutuhan air bersih dari Sungai Bengawan Solo di Kecamatan Cepu menuju Sambong, Jiken, Jepon hingga Blora Kota. (ag-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved