Blora on News :
Home » , » Serahkan SK Pengangkatan 664 PNS, Bupati Tegaskan PNS Pelayan Rakyat

Serahkan SK Pengangkatan 664 PNS, Bupati Tegaskan PNS Pelayan Rakyat

infoblora.com on Mar 30, 2016 | 6:30 AM

Bupati H.Djoko Nugroho menyerahkan SK Pengangkatan PNS di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Selasa (29/3) kemarin. (foto: ag-ib)
BLORA. Pada hari Selasa (29/3) kemarin, Bupati Blora H.Djoko Nugroho didampingi Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si dan Kepala Badan Kepegawaian daerah (BKD) Blora, Soewignyo menyerahkan surat keputusan (SK) pengangkatan dan mengambil sumpah/janji 664 CPNS menjadi PNS tahun 2016 di pendopo rumah dinas Bupati.

Dalam acara tersebut, Bupati yang sering disapa Pak Kokok ini kembali menegaskan bahwa PNS sejatinya adalah pelayan rakyat dan harus siap dengan setulus hati melayani masyarakat.

“Hari ini saya serahkan SK dan saya lantik saudara dengan sumpah dan janji di depan para rohaniawan. Harap diingat betul bahwa PNS bukan merupakan jabatan istimewa di tengah masyarakat, karena PNS itu pelayan rakyat. Mulai Bupati, wakil sampai jenengan semua itu pelayan rakyat. Jangan sampai mengingkari kodrat itu, nanti dosa,” tegas Kokok disambut tepuk tangan 664 PNS baru.

Dirinya mengajak semua PNS yang baru dilantik agar bisa benar-benar tulus menjalankan tugasnya sesuai bidang masing-masing demi pelayanan masyarakat yang bagus. “Saya masih sering mendapati kinerja PNS yang asal-asalan sehingga dikeluhkan masyarakat. Hal tersebut jangan sampai terulang, apalagi jenengan semua ini orang-orang baru. Ibarat bayi yang baru lahir, harus memberikan warna dan semangat baru dalam pelayanan masyarakat. Jangan terpengaruh pola kinerja PNS lama yang kurang,” lanjut Kokok, disambut riuh para tamu undangan.

Sementara itu Kepala BKD Kabupaten Blora, Soewignyo menjelaskan bahwa 664 CPNS yang diangkat menjadi PNS tahun ini terdiri dari berbagai formasi dan klasifikasi. “664 PNS baru ini terdiri dari formasi sisa honorer K 1 sebanyak 8 orang, formasi honorer hasil tes K 2 tahun 2013 sebanyak 603 orang, dan formasi umum hasil tes 2014 sebanyak 43 orang,” jelas Soewignyo.

Adapun klasifikasi jenis PNS menurutnya, tenaga guru sejumlah 452 orang terdiri-dari guru SD sebanyak 299 orang, guru SMP sebanyak 108 orang, guru SMU sebanyak 26 orang, dan guru SMK sebanyak 19 orang.

Kemudian tenaga kesehatan 41 orang terdiri-dari dokter umum 5 orang dan tenaga kesehatan lainnya seperti bidan dan perawat sebanyak 36 orang. Lalu tenaga fungsional lainnya sebanyak 16 orang terdiri dari auditor, instruktur, penyuluh KB dan penyuluh pertanian, dan tenaga teknis fungsional umum terdiri-dari 136 orang.

Suwignyo mengungkapkan sisa K 2 di Kabupaen Blora masih sebanyak 1.103 orang dan penyelesaiannya sampai hari ini belum ada kejelasan. Namun menurutnya sejak Januari 2016 kemarin sudah menerima gaji sesuai Upah Minimum Kota (UMK).

“Jumlah PNS Kabupaten Blora berdasarkan Pendataan Ulang PNS (PUPNS) sampai sekarang sebanyak 9.565 PNS. Kekurangan jumlah tenaga PNS terbanyak ada di guru SD masih ada kekurangan 1.002 PNS,” pungkasnya. (ag-infoblora) 
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved