Blora on News :
Home » , , » Relawan Antusias Ikuti Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana di Embung Karangjati

Relawan Antusias Ikuti Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana di Embung Karangjati

infoblora.com on Mar 29, 2016 | 11:30 AM

Pelatihan dan simulasi kesiapsiagaan bencana alam oleh BPBD Blora di Embung Karangjati, Selasa (29/3). (foto: ag-infoblora)
BLORA. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora pada hari Selasa (29/3) melaksanakan pelatihan dan simulasi kesiapsiagaan bencana alam di kawasan Embung Rawa Kelurahan Karangjati. Dalam acara tersebut seratusan relawan tampak antusias mengikuti pelatihan baik sesi teori maupun praktek yang dipimpin oleh instruktur dari BPBD.

Pelatihan diikuti para relawan yang tergabung dalam komunitas relawan Surosentiko se Kabupaten Blora, pelajar perwakilan SMA/SMK sederajat, serta warga sekitar Embung Karangjati.

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebut dibuka langsung oleh Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Blora, Sri Rahayu, didampingi Kepala Kelurahan Karangjati, Khumaidi S.Sos. Ia menyatakan bahwa pelatihan dan simulasi kesiapsiagaan bencana merupakan agenda kerja BPBD yang dilaksanakan bertahap beberapa kali dengan mengambil lokasi yang berbeda.

Para relawan antusias mengikuti pelatihan menggunakan perahu karet untuk
simulasi penanganan korban banjir. (foto: dok-bpbd)
“Kabupaten Blora memiliki potensi bencana alam yang sangat beragam mulai banjir, kekeringan, kebakaran, tanah longsor, hingga angin puting beliung. Sehingga untuk meminimalisir kerugian akibat bencana alam dan menekan potensi bencana perlu dilakukan pelatihan kesiapsiagaan agar warga masyarakat tahu apa langkah yang harus dilakukan ketika terjadi situasi kebencanaan disekitarnya. Tugas BPBD bukan hanya penanganan bencana, namun juga memberikan edukasi tentang kewaspadaan bencana alam seperti kegiatan ini,” jelas Sri Rahayu, Selasa (29/3).

Menurutnya, pelatihan di Embung Rawa Karangjati tersebut sudah kali keempat dilaksanakan oleh BPBD. Sebelumnya yang pertama digelar di Kecamatan Cepu yang dipandang paling rawan terjadi bencana akibat banjir. Kedua minggu lalu dilaksanakan di Kecamatan Randublatung, ketiga Senin (28/3) kemarin di Kecamatan Ngawen dengan mengambil lokasi di Embung Sendangmulyo.

Dirinya berharap dengan kegiatan pelatihan dan simulasi kesiapsiagaan bencana alam bisa menekan potensi bencana alam yang ada di Kabupaten Blora. “Bencana memang tidak bisa kita prediksi, namun dampak dari bencana itu bisa kita minimalisir melalui kewaspadaan dan kesiapsiagaan melalui pelatihan seperti ini,” lanjut Sri Rahayu.

Sementara itu, Agung Triyono salah satu petugas BPBD Blora menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan dan simulasi tersebut hanya dilaksanakan selama satu hari. “Pagi hingga siang dilakukan pengarahan teori, sedangkan siang hingga sorenya langsung praktek lapangan,” ujar Agung Triyono.

Dalam kegiatan praktek, para peserta diajarkan cara pemadaman api menggunakan tabung pemadam kebakaran. Kemudian diajarkan menggunakan alat penyelaman dan langsung terjun menyelam di Embung Rawa Karangjati sebagai upaya pencarian korban tenggelam ketika dilanda banjir atau sejenisnya.

“BPBD juga menerjunkan perahu karet untuk melatih relawan menolong korban banjir, jika sewaktu-waktu ada bencana banjir terjadi,” pungkasnya. (ag-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved