Blora on News :
Home » , , » Pemkab Blora Minta Dukungan Pusdiklat Migas Cepu Tentang 4 Ide Pembangunan

Pemkab Blora Minta Dukungan Pusdiklat Migas Cepu Tentang 4 Ide Pembangunan

infoblora.com on Mar 31, 2016 | 5:00 AM

Wakil Bupati Blora (tengah) diapit Kepala Pudiklat Migas dan Camat Cepu foto bersama setelah berdialog tentang 4 ide pembangunan, Selasa (29/3). (foto: tio-infoblora)
BLORA. Pemerintah Kabupaten Blora terus menjalin komunikasi dengan berbagai pihak guna melancarkan pembangunan yang hendak diwujudkan demi kemajuan wilayah. Seperti yang dilakukan Wakil Bupati Blora pada hari Selasa (29/3) lalu, sengaja mengunjungi Pusdiklat Migas Cepu untuk meminta dukungan perihal pembangunan yang ingin dicapai Pemkab.

Didampingi Camat Cepu Mei Nariyono, Sekcam Cepu Solichan Mochtar, serta Kasi Pertambangan dan Migas Dinas ESDM Blora Djati Waluasmo, Wakil Bupati Blora H.Arief Rohman M.Si menemui jajaran pimpinan Pusdiklat Migas Cepu untuk menyampaikan 4 ide atau gagasan pembangunan yang berhubungan dengan dunia minyak dan gas.

“Kami pertama kali kesini untuk bersilahturahmi mewakili Bapak Bupati, sekaligus ingin meminta dukungan terkait 4 gagasan pembangunan yang akan dilakukan Pemkab kedepan demi kemajuan Kabupaten Blora yang erat kaitannya dengan dunia Minyak dan Gas,” ujar H.Arief Rohman M.Si.

Dihadapan Kepala Pusdiklat Migas Cepu, Edi Prasodjo, Wakil Bupati yang juga mantan Staf Khusus Kementerian PDT ini menyampaikan 4 ide yakni meminta dukungan mengenai usulan pembangunan museum migas, memperjuangkan revisi UU migas terkait perolehan dana bagi hasil (DBH), pengaktifan kembali lapangan terbang Ngloram milik Kementerian ESDM menjadi bandara, dan meminta dukungan agar PT.KAI bisa menambah jadwal pemberhentian kereta eksekutif mengingat tingginya mobilitas aktifitas migas di Cepu dan sekitarnya.

“Pekan lalu saya mewakili Pak Bupati mengikuti rakor Asosiasi Daerah Penghasil Migas (ADPM) di Jakarta. Dalam pertemuan tersebut menyetujui usulan pembangunan museum migas di Cepu dan mengajukan revisi UU migas. Nah saat ini giliran kami meminta dukungan Pusdiklat Migas agar bisa membantu mewujudkan gagasan tersebut. Selain itu juga lapter Ngloram dan kereta api,” ujar H.Arief Rohman M.Si.

Mendengar paparan Wakil Bupati, Kepala Pusdiklat Migas Cepu Edi Prasodjo mengapresiasi niatan baik Pemkab untuk bekerjasama membangun Kabupaten Blora. Pusdiklat Migas Cepu sangat tertarik terhadap 4 ide gagasan yang disampaikan Wakil Bupati dan akan semaksimal mungkin memberikan bantuan.

“Ide yang disampikan Pak Wakil Bupati menarik. Mengenai usulan pembangunan Museum Migas memang Cepu dan sekitarnya memiliki sejarah yang panjang tentang dunia perminyakan sejak jaman Belanda. Nanti akan kita rundingkan lebih mendalam tentang konsep museum ini agar bisa diketahui hal-hal apa saja yang bisa kami bantu untuk mewujudkannya,” ucap Edi Prasodjo yang baru dilantik jadi Kepala Pusdiklat 19 Februari lalu.

Sedangkan untuk usulan revisi UU migas terkait perolehan DBH, pihaknya menyadari sampai saat ini memang ada yang kurang pas sehingga Kabupaten Blora selalu minim dalam perolehan hasil migas. “Meskipun revisi UU bukan ranah kami, namun Pusdiklat akan mendorong ke Pusat agar permasalahan ini bisa segera diselesaikan,” lanjut Edi.

Sementara itu untuk pengaktifan kembali lapter Ngloram menurut Edi merupakan ide cemerlang yang harus mendapatkan dukungan penuh. Apalagi letak Cepu di perbatasan Jateng dan Jatim sangat mendukung untuk adanya bandara.

“Nanti Pusdiklat akan memberikan surat dukungan agar Pemkab bisa berkoordinasi dengan Kementerian ESDM terkait hal ini. Mengingat lahan lapter masih berstatus milik Kementerian ESDM,” ujarnya.

Begitu juga tentang usulan kepada PT.KAI agar menambah jadwal pemberhentian kereta eksekutif Jakarta-Surabaya di Stasiun Cepu. “Kalau memang PT.KAI bisa menambah jadwal pemberhentian, alangkah senangnya kami. Karena akan lebih banyak pilihan moda transportasi dari Jakarta menuju Cepu, tentu kami dukung,” pungkasnya. (ag-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved