Blora on News :
Home » , » Pemkab Blora Inginkan Rumah Susun Tambakromo Cepu Segera Ditempati

Pemkab Blora Inginkan Rumah Susun Tambakromo Cepu Segera Ditempati

infoblora.com on Mar 30, 2016 | 9:00 AM

Bangunan rumah susun sewa di Kelurahan Tambakromo Kecamatan Cepu yang telah selesai pembvangunannya. (foto: ag-infoblora)
BLORA. Pembangunan rumah susun sewa oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Kelurahan Tambakromo Kecamatan Cepu ternyata telah selesai. Proyek yang mulai dilaksanakan pada tahun 2014 hingga 2015 tersebut menghabiskan anggaran hingga Rp 15,5 miliar yang bersumber dari APBN Pusat.

Dengan selesainya pembangunan fisik itu, Pemkab Blora pun menginginkan agar bangunan besar yang terdiri dari 96 rumah tersebut bisa segera ditempati oleh masyarakat miskin dan kurang mampu.

Atas arahan Bupati H.Djoko Nugroho, Selasa (29/3) kemarin Wakil Bupati H.Arief Rohman didampingi Camat Cepu Mei Nariyono dan beberapa pejabat terkait meninjau kondisi bangunan rumah susun yang ditujukan untuk menekan angka kemiskinan.

“Pak Bupati ingin tahun ini secepatnya bisa ditempati, maka hari ini (kemarin-red) saya sempatkan untuk melihat kondisi fisik bangunan apakah sudah siap 100 persen ataukah belum. Jika belum, saya minta dinas terkait untuk segera melengkapinya,” ucap H.Arief Rohman M.Si.

Wakil Bupati Blora H.Arief Rohman M.Si melihat denah rumah susun saat
meninjau ke lokasi, Selasa (29/3) kemarin. (foto: ag-infoblora)
Menurutnya, rumah susun tersebut ditujukan untuk menampung keluarga miskin serta penduduk yang menempati pinggiran sungai Bengawan Solo. Untuk mekanisme pengelolaannya nanti akan diatur dalam Peraturan Bupati.

Sementara itu, Kasi Perumahan Bidang Cipta Karya DPU Kabupaten Blora, Suharyono menjelaskan bahwa calon penghuni rumah susun sewa nantinya harus berkeluarga.

“Selain harus berkeluarga, harga sewanya nanti juga akan dibuat beda antara lantai pertama dan lantai paling atas. Yang jelas lantai bawah sewanya lebih besar daripada lantai paling atas. Namun harganya tetap murah dan terjangkau masyarakat miskin. Nanti akan diatur lebih lanjut dalam perbup,” jelas Suharyono.

Camat Cepu Mei Nariyono mengungkapkan bahwa warga di Kelurahan Balun, Cepu dan sekitarnya sudah banyak yang ingin menempati rumah susun sewa tersebut. “Antusias warga cukup bagus, tinggal nunggu teknis penempatannya saja. Semoga Perbupnya segera selesai dibuat,” ujar Mei Nariyono.

Berdasarkan pengamatan tim Info Blora, satu petak rumah susun hanya terdiri dari satu ruang tamu, satu kamar tidur, ruang dapur dan kamar mandi. Hingga kini aliran listrik dan air bersih pun belum tersedia. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved