Blora on News :
Home » , » Musrenbang RKPD, Bupati Kokok Sampaikan Gagasan Pembangunan Blora

Musrenbang RKPD, Bupati Kokok Sampaikan Gagasan Pembangunan Blora

infoblora.com on Mar 10, 2016 | 3:00 PM

Bupati Blora H.Djoko Nugroho saat menghadiri musrenbang dan penyusunan RPKD di Bappeda, Kamis (10/3). (foto: gl-infoblora)
BLORA. Menghadiri acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Blora dan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di Gedung Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Blora pada Kamis (10/3), Bupati H.Djoko Nugroho menyampaikan beberapa gagasan tentang perencanaan pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2017 mendatang.

Dalam sambutannya, Bupati yang akrab dipanggil Pak Kokok ini mengajak seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk bersama-sama bekerja lebih keras untuk mewujudkan Blora yang lebih sejahtera dan bermartabat sesuai dengan visi yang diusungnya bersama Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si.

Dirinya menekankan pentingnya mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi Kabupaten  Blora menjadi 5,03 persen di tahun 2017. Mengurangi tingkat pengangguran menjadi 4,3 persen. Menurunkan tingkat kemiskinan menjadi 13,1 persen. Meningkatkan angka melek huruf (AMH) dari 95,09 persen menjadi 100 persen maupun meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menjadi 95,6.

Pihaknya juga bertekad mengurangi angka putus sekolah di semua jenjang pendidikan, mengurangi angka kematian bayi menjadi 10/1000 kelahiran, mengurangi presentasi gizi buruk menjadi  0,05 persen dari kondisi sekarang yang masih sebesar 0,5 persen, serta di bidang infrastruktur untuk meningkatkan kondisi jalan mantab menjadi 92,23 persen.

Jajaran Forkopimda menghadiri musrenbang dan penyusunan RKPD di Bappeda Blora, Kamis (10/3). (foto: ar-infoblora)
“Selanjutnya kepada Organisasi Perangkat Daerah se-Kabupaten Blora saya minta agar dalam menyusun perencanaan pembangunan yang senantiasa sinergis dengan upaya pencapaian target-target pembangunan, baik yang tertuang dalam dokumen RKPD maupun dalam RKA /DPA masing-masing SKPD,” ucap Bupati Kokok.

Ia menyatakan bahwa Pemkab kedepan juga akan melakukan penataan wilayah perkotaan. “Pasar Kota Blora akan saya pindah ke kawasan Gabus Mlangsen, dibuatkan kawasan terpadu dengan pasar burung dan sub terminal agar bisa terintegrasi antara jalur angkutan dan bongkar muat barang perdagangan. Sehingga pemerataan pembangunan bisa dilakukan ke arah selatan,” jelasnya.

Sementara itu untuk Kecamatan Cepu, pihaknya akan menata PKL yang berada di Taman Seribu Lampu. “Semua PKL nanti dipindah ke lapangan Ronggolawe, sementara Taman Seribu Lampu akan dibuat ruang hijau bebas PKL. Jalan sekitar taman juga akan diperluas sehingga arus lalu-lintas lebih lancar,” lanjutnya.

Di bidang infrastruktur, Bupati Kokok mengajak semua SKPD untuk fokus melakukan pembangunan wilayah Blora Selatan agar tidak terjadi ketimpangan yang cukup jauh dengan kawasan utara, barat dan timur.

“Di Blora Selatan itulah kantong-kantong kemiskinan berada, ada banyak jalan pedesaan tengah hutan yang rusak parah. Seperti di Desa Getas Kecamatan Kradenan, disana lumbung jagung namun harga panen jatuh akibat akses jalan yang buruk. Para tengkulak datang membeli dengan harga murah karena biaya transport menuju lokasi yang mahal dan susah. Begitu juga dengan desa hutan lainnya, perlu diprioritaskan tahun ini. Tidak hanya jalannya tetapi juga aliran listriknya, karena banyak desa pelosok yang masih gelap belum teraliri listrik,” tegasnya.

Khusus kerusakan infrastruktur akibat bencana alam, Bupati kelahiran Cepu ini meminta Dinas Pekerjaan Umum (DPU) untuk segera melakukan perbaikan tanpa harus menunggu perubahan APBD 2016. “Alihkan dana pembangunan bidang lainnya yang kurang mendesak untuk menangani jalan dan jembatan yang ambrol karena longsor. Saya kira DPRD juga akan setuju,” ucapnya.

Di bidang kesehatan, peningkatan layanan kesehatan dan penambahan alat kesehatan yang lengkap juga menjadi prioritas kepemimpinan mantan Dandim Rembang ini. “Alat-alat rumah sakit dilengkapi, tenaga kesehatan ditingkatkan kompetensinya agar pelayanannya lebih bagus. Dinas kesehatan saya beri tugas untuk itu,” pungkasnya.


Hadri dalam cara tersebut Wakil Bupati Blora H.Arief Rohman M.Si, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), pimpinan dan anggota DPRD Blora, perwakilan Bappeda Jateng, Bakorwil I Jateng, pimpinan SKPD se Kabupaten Blora, BUMD, BUMN, Organisasi Profesi, Camat serta tokoh masyarakat. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved