Blora on News :
Home » , » Lantik Petugas SE2016, Bupati Kokok : Ayo Sukseskan Sensus Ekonomi 2016

Lantik Petugas SE2016, Bupati Kokok : Ayo Sukseskan Sensus Ekonomi 2016

infoblora.com on Mar 22, 2016 | 4:30 AM

Bupati Blora, H.Djoko Nugroho melantik petugas sensus ekonomi 2016 di Pendopo Kabupaten Blora. (foto: hum-ib)
BLORA. Tahapan Sensus Ekonomi 2016 mulai berjalan. Senin (21/3) kemarin Bupati Blora H.Djoko Nugroho memimpin Apel Siaga Sensus Ekonomi Tahun 2016 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora. Hadir dalam apel tersebut Kepala BPS Kabupaten Blora, Koordinator Sensus Ekonomi Jawa Tengah, Kepala Badan/Dinas/Instansi terkait, Kabag Humas dan Potokol Setda Blora dan peserta Apel dari BPS Blora.

Dalam sambutannya, Bupati H.Djoko Nugroho mengatakan bahwa tidak lama lagi, kira-kira enam minggu kedepan, akan memasuki tahap paling penting dalam tahapan Sensus Ekonomi 2016 ( SE2016 ), yaitu pencacahan lapangan.

“Apel Siaga ini menjadi momentum untuk membangkitkan awareness dan membangun semangat seluruh jajaran BPS dan bangsa Indonesia bahwa mulai saat ini kita harus berjalan dalam satu irama, satu pikir, dan satu tujuan. Ayo sukseskan Sensus Ekonomi 2016,” kata H.Djoko Nugroho.

Menurutnya Sensus Ekonomi 2016 merupakan amanat Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik, yakni bentuk pengabdian dalam menghasilkan data yang sangat penting bagi proses pembangunan bangsa. Semuanya harus menyadari, data yang dihasilkan dari SE2016 ini sangat penting dan bermanfaat bukan hanya bagi pemerintah atau pelaku usaha, tetapi juga bagi seluruh lapisan masyarakat.


Bupati bersama petugas sensus melepas balon sebagai tanda dimulainya tahapan
sensus ekonomi 2016. (foto: hum-ib)
Bupati Kokok (panggilan akrab Djoko Nugroho), mengatakan bahwa SE2016 selaras dengan program Nawacita pemerintah, yaitu Nawacita ke-6 (Meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional sehingga bangsa Indonesia bias maju dan bangkit bersama bangsa-bangsa Asia lainnya) dan Nawacita ke-7 (Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik).

Data SE 2016 ini juga dapat memotret daya saing bisnis di Indonesia dan menekan posisi perekonomian Indonesia di antara negara-negara di kawasan regional maupun internasional. Hal ini menjadi penting mengingat bahwa saat ini Indonesia telah memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), yang sudah barang tentu harus diantisipasi dan disikapi secara cermat dan cerdas. Dalam konteks ini, data SE2016 menjadi sangat strategis dan krusial.

Satu hal yang perlu disadari, pelaksana SE2016 memang BPS, tetapi tanggung jawab untuk menyukseskannya bukan hanya milik BPS, tetapi juga seluruh elemen bangsa ini karena bangsa Indonesia lah yang akan memperoleh hasil dari pekerjaan besar ini.

“Kualitas para petugas harus benar-benar terjamin karena merekalah yang akan langsung berhadapan dengan para responden untuk mengumpulkan data. Kualitas petugas SE2016 sangat menentukan kualitas data yang mereka kumpulkan. Jangan sampai terjadi garbage in, garbage out,” lanjut Kokok.

Apel diakhiri dengan pelepasan balon SE2016 secara simbolis oleh Bupati H.Djoko Nugroho diikuti oleh seluruh petugas sesnsus ekonomi dibawah naungan BPS Kabupaten Blora di depan Gapura Pendopo Rumah Dinas Bupati. (jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved