Blora on News :
Home » , , » Kincir Penangkap Serangga & Pemompa Air Karya SMAN 1 Blora Harus Dipatenkan

Kincir Penangkap Serangga & Pemompa Air Karya SMAN 1 Blora Harus Dipatenkan

infoblora.com on Mar 16, 2016 | 12:30 PM

Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si mendorong pembuatan hak paten terhadap alat teknologi ramah lingkungan temuan siswa SMAN 1 Blora. (foto: ag-infoblora)
BLORA. Selasa sore kemarin (15/3), Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si menyempatkan diri untuk meninjau alat ciptaan siswa SMA Negeri 1 Blora di area persawahan Gabus Kelurahan Mlangsen.

Pada kegiatan tersebut, mantan anggota DPRD Jawa Tengah ini mengamati dua alat yakni kincir angin penangkap hama serangga yang diciptakan tahun 2015 dan kincir angin solar cell penggerak pompa air pengisi bak renteng di sawah yang baru diciptakan tahun 2016 ini.

“Ini penemuan yang bagus, apalagi kincir angin penangkap serangga di tahun 2015 lalu pernah menjuarai lomba cipta teknologi terapan yang diselenggarakan sebuah perusahaan swasta nasional. Begitu juga dengan penemuan alat baru yang baru dipasang beberapa hari lalu. Perlu segera dipatenkan agar tidak ditiru dan dijiplak oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab,” tegasnya.

Dalam tinjauan tersebut, ia juga meminta Bappeda agar bisa mengupayakan pengadaan hak paten terhadap penemuan alat tepat guna di bidang pertanian ini.

Elham sedang menjelaskan sistem kerja alat kincir angin solar cell pemompa air
di hadapan Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si. (foto: ag-infoblora)
“Pemkab akan membantu agar hak paten bisa diperoleh. Selain itu, akan kita dorong agar bisa diperbanyak sehingga setiap kecamatan mempunyai satu alat sebagai percontohan untuk dipasang di lahan pertanian setempat. Akan saya komunikasikan dengan para Camat,” ujarnya.

Ia beranggapan bahwa temuan alat baru yang dibuat Elham Rupananta siswa kelas XI IA 3 dan Della Diana Fatmawati siswi kelas XI IA 4 dari SMA Negeri 1 Blora tersebut perlu diapresiasi. Pemkab akan mendukung agar alat tersebut bisa dimanfaatkan secara luas untuk dunia pertanian.

“Kalau memang butuh dukungan dana untuk memperbanyak produksi alat, nanti akan kami bantu untuk mencarikan donatur. Banyak warga Blora yang sukses di Ibukota, mereka bisa ditarik untuk turut serta mendukung pengembangan teknologi ciptaan anak-anak ini,” pungkasnya.

(berita sebelumnya : klik Hebat, Pelajar SMAN 1 Blora Ciptakan Kincir Solar Cell Pemompa Air Irigasi Sawah)

Hadir dalam acara tersebut Camat Blora Kunto Aji, Waka Humas SMA Negeri 1 Blora Endang Sriwati, Waka Sarpras SMA Negeri 1 Blora Teguh, pembimbing pembuatan alat Nur Chanief, perwakilan Bappeda Blora, Lurah Mlangsen, PPL Kecamatan Blora, Babinsa serta para petani yang merasakan manfaat alat ciptaan siswa SMA Negeri 1 Blora tersebut. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved