Blora on News :
Home » , , » Hebat, Pelajar SMAN 1 Blora Ciptakan Kincir Solar Cell Pemompa Air Irigasi Sawah

Hebat, Pelajar SMAN 1 Blora Ciptakan Kincir Solar Cell Pemompa Air Irigasi Sawah

infoblora.com on Mar 16, 2016 | 10:00 AM

Elham dan Della, siswa SMAN 1 Blora yang berhasil
menciptakan alat pemompa air dari kincir angin dan solar cell.
(foto: ag-infoblora)
BLORA. Kini ada lagi karya pelajar Blora yang patut dihargai dan diakui kehebatannya. Betapa tidak, 2 orang pelajar SMA dengan jurusan Ilmu Alam bisa menciptakan alat dengan teknologi ramah lingkungan yang diterapkan untuk mendukung keberhasilan produktifitas dunia pertanian di Kabupaten Blora. Tidak kalah dengan anak SMK jurusan mesin dan teknologi yang memang disiapkan untuk menciptakan alat.

Kedua pelajar tersebut adalah siswa SMA Negeri 1 Blora, masing-masing Elham Rupananta dari kelas XI IA 3 dan Della Diana Fatmawati dari kelas XI IA 4. Dengan bimbingan guru fisika Sri Susilaningsih, pendampingan dari Bapak Nur Chanief, dan dukungan dari sekolah, kedua siswa ini berhasil menciptakan alat yang bernama “Kincir Angin dan Solar Cell Penggerak Pompa Air Pengisi Bak Renteng di Sawah”.

“Alat ini digunakan untuk membantu para petani melakukan penyiraman tanaman dan mengalirkan air guna irigasi sawah. Terlebih saat musim kemarau nanti tiba, dimana Blora sangat membutuhkan air untuk penyiraman tanaman pangan seperti jagung, kedelai, dan lainnya. Dengan demikian tanaman akan tumbuh dengan baik tanpa kekurangan air,” jelas Della, Selasa (15/3) kemarin.

Sedangkan sistem kerjanya menurutnya memakai 2 sumber energi ramah lingkungan, yakni energi gerak yang diperoleh dari kincir angin dan energi panas yang diterima oleh panel solar cell. Kedua sumber energi tersebut akan dijadikan penggerak kumparan generator untuk menciptakan energi listrik guna memompa air dari sumur artesis yang ada di areal persawahan.

Air dalam sumur dipompa dan dialirkan ke bak-bak penampungan yang ada di areal persawahan. Petani tidak perlu susah-susah memompa air secara manual atau memakai pompa mesin berbahan bakar BBM. Sehingga sawah bisa mendapat air kapan saja.

Elham menyatakan proses pembuatan alat dilakukan dengan bantuan bengkel sesuai arahan dirinya bersama Della. “Kami dengan bimbingan guru mencoba membuat rekayasa alat terlebih dahulu, menyusun sistem kerjanya, setelah itu baru diwujudkan dan dipasang untuk diujicobakan di persawahan Gabus Kelurahan Mlangsen,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Blora bidang humas Endang Sriwati menyatakan bahwa biaya produksi alat ini sepenuhnya diupayakan oleh sekolah sendiri. “Kedepan alat ini akan diikutkan lomba, harapannya ada pendampingan dari pihak pemerintah Kabupaten,” harapnya.

Sedangkan pendamping siswa, Nur Chanief menjelaskan bahwa alat dibuat dengan ketinggian 5 meter dan lebar bentangan kincir 4,5 meter. “Sudah dipasang sejak 11 Maret lalu, ini dalam tahap uji coba dan alhamdulillah bisa memompa air guna pengairan sawah. Manfaatnya baru akan dirasakan maksimal saat musim kemarau tiba,” bebernya.
Sekedar mengingatkan, sebelumnya pada tahun 2015 lalu siswa SMA Negeri 1 Blora juga telah berhasil membuat alat penangkap serangga berupa kincir angin yang dihubungkan dengan lampu penjebak hama serangga. Alat tersebut berhasil meraih juara 2 nasional dalam lomba Toyota Eco Youth 9. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved