Blora on News :
Home » , , , » Ditata Ulang, CFD Kota Blora Setiap Minggu Bakal Dimeriahkan Berbagai Komunitas

Ditata Ulang, CFD Kota Blora Setiap Minggu Bakal Dimeriahkan Berbagai Komunitas

infoblora.com on Mar 1, 2016 | 12:00 PM

Wakil Bupati Blora H.Arief Rohman M.Si bersama Kepala DPPKKI Blora Slamet Pamudji memimpin rapat koordinasi pelaksanaan CFD, Selasa (1/3). (foto: ar-infoblora)
BLORA. Pelaksanaan Car Free Day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor di kawasan Alun-alun Blora hingga Jl.Pemuda tepat di Perempatan Grojogan yang selama ini telah dilaksanakan sejak September 2014 setiap Minggu pagi atas gagasan Kapolres Blora saat itu, kini akan ditata kembali oleh Pemkab Blora.

Dengan merangkul beberapa pihak terkait dari Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI), Badan Lingkungan Hidup (BLH), Satlantas Polres Blora, BUMN/BUMD serta berbagai komunitas yang ada di Kota Blora, Pemkab ingin mengemas kegiatan CFD lebih menarik dan menjadi pusat kegiatan masyarakat setiap Minggu pagi.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pada Selasa pagi (1/3) pukul 09.30 WIB di ruang rapat Gedung Setda Blora digelar rapat koordinasi pelaksanaan CFD yang dihadiri langsung oleh Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si mewakili Pak Kokok (sapaan akrab Bupati Blora), Kepala DPPKKI Slamet Pamudji, Kepala BLH Wahyu Agustini, Kepala Satpol PP Sri Handoko, Kasatlantas Polres Blora AKP Handoko Suseno, Kabid Pemuda dan Olahraga Dindikpora Blora, Camat Blora Kota, Ketua Formi, Komunitas Jantung Sehat, BMC dan paguyuban pedagang kaki lima Pujakumara.

Dalam rapat tersebut H.Arief Rohman M.Si memaparkan bahwa atas anjuran Bupati Blora H.Djoko Nugroho, perlu diadakan penataan ulang tentang konsep pelaksanaan CFD. “Pak Kokok menghendaki ada penataan ulang pelaksanaan CFD. Jangan hanya sekenanya untuk ajang olahraga saja. Karena CFD juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan masyarakat lainnya,” ucapnya.

Ia menyampaikan bahwa selama ini pantauan di media sosial, media online dan beberapa laporan yang masuk kepada dirinya menunjukkan bahwa pelaksanaan CFD masih kurang greget dan minim dukungan dari beberapa pihak terkait. “Yang ada hanya jalan ditutup oleh Satlantas dan warga dipersilahkan berolahraga sepuasnya mulai pukul 05.00 WIB hingga 08.00 WIB. Tidak ada pengisi acara yang terkonsep dengan baik,” lanjutnya.

Kegiatan CFD minggu lalu hanya dimanfaatkan untuk olahraga saja, padahal
banyak kegiatan yang bisa dilaksanakan dalam aktifitas CFD. (foto: nws-infoblora)
Melalui rapat tersebut, Pemkab ingin beberapa pihak terkait bisa ambil peran dalam mengisi pelaksanaan CFD baik dengan kegiatan olahraga, kesenian, komunitas hobby, kuliner hingga event-event sosialisasi program pembangunan kepada masyarakat umum.

Sementara itu, Kepala DPPKKI Blora Slamet Pamudji setuju dengan konsep yang diminta oleh Bupati dan Wakil Bupati terkait pelaksanaan CFD. Pihaknya bersama BLH akan mengkoordinasi pelaksanaan CFD yang selama ini dilaksanakan oleh Satlantas Polres Blora.

“Forum rapat tadi menyetujui usulan Pemkab, kami siap melaksanakannya mulai minggu depan dan akan dilaunching pada 13 Maret 2016. Kalaupun butuh anggaran, Pemkab siap mencarikan solusinya agar pelaksanaan CFD bisa terlaksana dengan baik,” ujar Slamet Pamudji.

Slamet Pamudji menjelaskan bahwa nantinya CFD akan diramaikan oleh aktifitas beberapa komunitas seperti senam, bersepeda, jogging, futsal, sepatu roda, dan lainnya. Selain itu juga ada perpustakaan keliling, samsat keliling, sosialisasi pajak, kegiatan seni budaya, baik musik ataupun komunitas hobby lainnya sehingga CFD lebih ramai dan bermanfaat untuk kegiatan akhir pekan di Kota Blora.

“Sebelumnya pelaksanaan CFD hanya digelar setiap minggu pertama dan minggu ketiga, namun setelah rapat tadi disepakati pelaksanaan CFD akan dilakukan setiap hari Minggu pagi. Jadi sebulan 4 kali secara rutin, dan pengisi acaranya nanti bergantian,” lanjut Slamet Pamudji.

Pihak BUMD dan BUMN serta kantor-kantor SKPD yang terkait dengan layanan publik nantinya juga dipersilahkan untuk membuka pos sosialisasi program layanan masyarakat disaat pelaksanaan CFD.

Selain di Blora, menurut Slamet Pamudji pelaksanaan CFD juga digelar di Kecamatan Cepu. Untuk di Kecamatan Cepu pelaksanaannya digelar di kawasan Lapangan Tuk Buntung Kelurahan Balun. (ag-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved