Blora on News :
Home » , , » BPBD Blora Gelar Pelatihan Penanganan Bencana di Kecamatan Randublatung

BPBD Blora Gelar Pelatihan Penanganan Bencana di Kecamatan Randublatung

infoblora.com on Mar 16, 2016 | 7:00 AM

BPBD Blora melakukan pelatihan penanggulangan kebencanaan di Kecamatan Randublatung, Selasa (15/3) kemarin. (foto: ari-ib)
BLORA. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora terus melakukan pembinaan dan pembimbingan kesiap-siagaan bencana alam melalui pelatihan tanggap bencana. Setelah beberapa waktu lalu melakukan pelatihan di Kecamatan Cepu, Selasa kemarin (15/3) giliran di Kecamatan Randublatung digelar Pelatihan dan Simulasi Bencana.

Bertempat di lapangan Kampungbaru Kelurahan Randublatung, sebanyak 40 relawan dari berbagai unsur ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Diantaranya dari siswa PMR SMA Negeri 1 Randublatung, Satgana, Tagana, perwakilan PWR, dan Relawan lainya.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari kemarin tersebut, para peserta mengikuti pelatihan simulasi kebakaran. Karena di Randublatung menurut BPBD cukup lumayan banyak kejadian kebakaran selama tahun 2015 kemarin.

“Randublatung ini tempatnya jauh dari Kantor BPBD Blora, sehingga harapan kami dengan adanya pelatihan para peserta kelak akan menjadi orang yang nomor satu yang paling depan mengetahui kebencanaan di Randublatung dan melakukan penanganan darurat selain BPBD dari Blora,” ucap Kepala Pelaksana BPBD Blora, Sri Rahayu.

Menurutnya BPBD terus berupaya meminimalisir potensi kebencanaan. “Tugas kami tidak hanya penanganan pada saat kebencanaan saja, tetapi juga pencegahan dan pengurangan potensi kebencanaan. Kalau menghilangkan jelas kita tidak bisa karna memang itu dari Allah. Yang kami lakukan bagaimana sebisa mungkin potensi kebencanaan di Kabupaten Blora bisa ditekan,” lanjutnya.

BPBD kedepan akan terus melakukan pelatihan serupa di tempat yang berbeda. Untuk tahun 2016 pelatihan digelar di Kecamatan Cepu, Randublatung, Ngawen, dan Blora Kota. Untuk di Blora sendiri khusus untuk relawan Forum Relawan Suro Sentiko.

Pihaknya menjelaskan bahwa setiap saat akan melakukan pendekatan dengan relawan yang mau dan peduli terhadap bencana, sehingga semakin lama orang-orang saat terjadi bencana tidak hanya sebagai penonton, tetapi ikut serta menangani bencana. Menurutnya bencana tidak hanya tanggungjawab pemerintah, tetapi tanggungjawab bersama.

Sementara itu Camat Randublatung Djoko Budiono mengucapkan terimakasih terhadap BPBD karena sudah melaksanakan pelatihan kebencanaan di wilayah Randublatung. “Saya mengucapkan terima kasih kepada kepala BPBD Blora dengan adanya pelatihan ini. Memang tadi disampaikan kepala BPBD bahwa penanggulangan bencana tidak hanya pas terjadi bencana saja, tetapi sebelum terjadi bencana sudah siap-siap untuk mengantisipasi bencana tersebut,” ujar Camat Randublatung.

Ia menjelaskan bahwa di Randublatung sebenarnya sudah banyak relawan yang tergabung dalam satgana dan sudah banyak pelatihan sehingga dengan adanya pelatihan ini akan menambah pengetahuan bagi relawan. (arpet-ib)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved