Blora on News :
Home » , , » Belasan Ribu Keluarga Miskin di Blora Bakal Terima Dana PKH Hingga Rp 3,8 Miliar

Belasan Ribu Keluarga Miskin di Blora Bakal Terima Dana PKH Hingga Rp 3,8 Miliar

infoblora.com on Mar 3, 2016 | 5:07 AM

Salah satu potret keluarga sangat miskin di Blora yang layak menerima bantuan sosial dana PKH. (foto: gps-infoblora)
BLORA. Pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos) tahun ini akan mengucurkan dana bantuan sosial melalui Program Keluarga Harapan (PKH) dengan sasaran keluarga sangat miskin. Khusus wilayah Kabupaten Blora, terdapat 13.460 keluarga sangat miskin yang akan menerima dana PKH di triwulan pertama 2016.

Nisa salah satu operator dana PKH Kabupaten Blora menjelaskan bahwa pencairan dana PKH dalam satu tahun dicairkan sebanyak empat kali, atau 3 bulan sekali. “Untuk triwulan pertama ini akan dicarikan dana PKH sebesar Rp 3,8 miliar untuk 13.460 keluarga sasaran,” jelasnya, Rabu (2/3) kemarin.

Ia mengatakan bahwa sasaran dana PKH kali ini adalah mereka yang masuk kategori keluarga sangat miskin (KSM). “Bantuan harus sesuai dengan komponen KSM yang meliputi pendidikan dan kesehatn. Semua calon penerima sudah diverifikasi oleh tim, tinggal menunggu pencairan yang rencana akan dilakukan bulan Maret ini,” lanjutnya.

Menurutnya besarnya dana PKH yang akan diterima oleh masing-masing KSM tidaklah sama. Jumlah dana yang diberikan disesuaikan dengan jumlah anak yang sedang menempuh pendidikan dan ada tidaknya ibu hamil.

“Minimal KSM menerima dana Rp 950 ribu per tahun dengan asumsi memiliki 1 anak usia sekolah SD dengan bantuan 450 ribu dan bantuan tetap tahunan Rp 500 ribu,” ujarnya.

Sedangkan jika memiliki anak usia SD-SMP-SMA dengan ditambah bantuan tahunannya Rp 500 ribu, maka KSM bisa menerima dana hingga Rp 3,7 juta per tahunnya.

“Semua kepala desa dan kelurahan sudah diberi sosialisasi tentang hal ini. Sehingga diharapkan mereka bisa membantu mengarahkan warganya untuk bisa memahami mekanisme pembagian dana PKH yang besarannya tidak sama,” pungkasnya. (ag-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved