Blora on News :
Home » , » Asyiknya Belajar Wayang dan Gamelan Bersama Dalang Cilik “Cahyo Sumirat” Blora

Asyiknya Belajar Wayang dan Gamelan Bersama Dalang Cilik “Cahyo Sumirat” Blora

infoblora.com on Mar 28, 2016 | 7:00 AM

Ki Dalang Nuryanto sedang memberikan contoh dan arahan kepada dalang cilik saat latihan, Minggu (27/3) kemarin. (foto: rs-ib)
BLORA. Liburan akhir pekan nampaknya tidak selalu dihabiskan dengan agenda jalan-jalan mengunjungi tempat hiburan bersama keluarga dan teman-teman. Beberapa anak-anak di Blora ini justru asyik berkumpul di sebuah sanggar kesenian untuk belajar memainkan wayang dan menabuh gamelan jawa untuk mengisi liburan akhir pekannya.

Seperti yang dilakukan Alif (12) dan kawan-kawan pada hari Minggu (27/3) kemarin di Sanggar Seni Cahyo Sumirat pimpinan Ki Dalang Nuryanto. Mereka asyik memainkan wayang secara bergantian dengan diiringi gamelan jawa yang ditabuh langsung oleh teman-temannya sendiri.

Ki Dalang Nuryanto sebagai pimpinan sanggar juga aktif memberikan pengarahan kepada anak-anak agar bisa memainkan gerakan wayang sesuai lakon cerita yang dijalankan. Ia juga mengajarkan cara menabuh gamelan jawa untuk mengiringi gerakan wayang kepada anak-anak.

“Saya senang wayang, dan sudah sejak kecil belajar jadi dalang bersama Ki Nuryanto di sanggar Cahyo Sumirat. Setiap hari minggu selalu belajar di sanggar untuk mengisi liburan bersama teman-teman dalang cilik lainnya,” ucap Alif yang pernah menjuarai Festival Dalang Cilik se Kabupaten Blora tahun 2014 silam.

Anak-anak para dalang cilik selain belajar wayang juga dilatih gamelan oleh
Ki Dalang Nuryanto. (foto: rs-ib)
Menurutnya, di sanggar Cahyo Sumirat ia bisa belajar mengenal tokoh pewayangan beserta karakternya, mempelajari cerita pewayangan, cara melakukan gerakan wayang saat perang, hingga nglaras gamelan agar gerakan wayang bisa sesuai dengan iringan musik gamelan.

“Satu persatu saya dan teman-teman bergantian memainkan wayang. Sementara lainnya memainkan gamelan dengan arahan Ki Nuryanto dan Mas Bowo. Sesekali jika ada yang kurang pas, kami langsung diarahkan sehingga bisa lebih pas dalam mementaskan wayang. Pokoknya senang belajar wayang,” pungkas Alif.

Ia belajar wayang bersama teman-teman dalang cilik lainnya, diantaranya Akmal, Tegar, Erwin, Igo, Surya, Rizky, Bariq, Ibnu, Bintang, Yoga, Yogi dan Valo.

Ki Dalang Nuryanto menjelaskan bahwa setiap hari Minggu memang anak-anak didiknya berlatih bersama mulai pukul 09.00 WIB hingga tengah hari. “Setiap Minggu pagi hingga siang kami memang rutin berlatih di GOR Mustika menggunakan gamelan DPPKKI. Sedangkan Rabu dan Kamis sore hari berlatih di sanggar yang ada di Dukuh Pangkat Desa Purwosari Blora,” jelasnya.

Tidak hanya berlatih, anak-anak dalang cilik ini menurutnya juga sudah sering tampil di berbagai acara di Blora dan luar Blora. Mereka sering diikutkan dalam festival dalang cilik dan mengisi acara Wayangan Malam Jumat Pon yang bekerjasama dengan Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Kabupaten Blora. Hal tersebut dilakukan agar para dalang cilik memiliki mental yang kuat dan berani tampil di muka umum.

“Silahkan jika ada anak-anak yang suka wayang dan ingin bergabung dengan sanggar kami, bisa ikut berlatih bersama dengan teman-teman dalang cilik lainnya,” pungkasnya. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved