Blora on News :
Home » , , » ADPM Setujui Usulan Pembangunan Museum Migas di Cepu Kab.Blora

ADPM Setujui Usulan Pembangunan Museum Migas di Cepu Kab.Blora

infoblora.com on Mar 14, 2016 | 6:00 AM

Kepala daerah penghasil migas yang tergabung dalam ADPM menggelar rakor di Hotel Sahid Jakarta, Sabtu (12/3) lalu. Mereka sepakat tentang usulan pembangunan museum migas di Cepu, Blora. (foto: as-infoblora)
BLORA. Forum rapat koordinasi (rakor) Asosiasi Daerah Penghasil Migas (ADPM) se Indonesia di Hotel Sahid Jakarta pada Sabtu (12/3) lalu ternyata menyetujui usulan pembangunan museum minyak dan gas bumi di Kecamatan Cepu Kabupaten Blora. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Blora H.Arief Rohman M.Si ketika dihubungi info Blora pada Minggu (13/3) kemarin.

“Saya mewakili Bupati Blora, pada hari Sabtu lalu mengikuti rakor ADPM di Jakarta. Dalam rapat tersebut, Ketua Umum ADPM Dr.H Awang Faroek Ishak yang juga Gubernur Kalimantan Timur, menyepakati usulan pembangunan museum migas di Cepu guna edukasi kepada generasi muda tentang pengolahan migas,” ujar Arief Rohman.

Menurutnya, ADPM menghendaki museum migas di Cepu nantinya bisa terintegrasi dengan keberadaan Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Migas dan STEM Akamigas.

“Blora dipandang mempunyai kelebihan dalam sejarah pengolahan minyak bumi, dari proses tradisional hingga modern dan pendidikannya ada di Cepu dan sekitarnya. Sehingga sudah sepantasnya ada museum migas di Blora, apalagi banyak para ahli migas belajarnya ke Cepu,” lanjutnya.

Tak hanya ADPM, ternyata menurut H.Arief Rohman, Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI juga mendorong adanya sebuah Museum Migas di Kabupaten Blora. Ia mencontohkan jika ke Malaysia, ada Petronas didalamnya terdapat museum migas mulai dari proses pencarian minyak, produksi hingga pemasarannya.

Namun di Indonesia belum ada, hanya ada Museum Geologi di Bandung yang sifatnya umum, belum terfokus pada eksplorasi migasnya. “Pak Dirjen ingin di Cepu ada museum migas untuk media pembelajaran, terlebih disini sudah ada Akamigas. Pak Dirjen juga siap memfasilitasi perencanaan pembangunan gagasan tersebut,” jelas Arief Rohman. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved