Blora on News :
Home » , , » Rumah Warga Desa Kendayaan Kec.Ngawen Terancam Amblas Akibat Longsor

Rumah Warga Desa Kendayaan Kec.Ngawen Terancam Amblas Akibat Longsor

infoblora.com on Feb 28, 2016 | 1:30 AM

Salah satu rumah warga Desa Kendayaan yang terancam amblas karena longsor. Warga secara swaday membangun tanggul darurat dari karung berisi tanah yang diperkuat dengan potongan batang bambu. (foto: teg-infoblora)
BLORA. Hujan lebat beberapa hari terakhir di wilayah Desa Kendayaan Kecamatan Ngawen yang membuat jembatan ambrol dan memutus jalan desa seperti diberitakan info Blora sebelumnya, ternyata juga mengancam keberadaan beberapa rumah warga yang hampir amblas tergerus longsor oleh derasnya arus sungai.

“Selain jembatan ambrol dan jalan terputus, ada 3 bangunan rumah warga disini yang juga terancam amblas akibat tergerus longsor oleh derasnya arus sungai. Karena peristiwa ini, warga menjadi was-was dan takut jika hujan deras kembali datang dan sungai berarus deras lagi,” kata Siti (35) warga setempat, saat ditemui info Blora, Sabtu (27/2) kemarin.

Menurut penjelasannya, untuk mengantisipasi agar 3 rumah yang terancam amblas tergerus longsor tersebut tidak ambruk, sejumlah warga dibantu anggota TNI dari Koramil dan Polsek Ngawen beberapa hari lalu membantu membuat tanggul sementara untuk menahan tanah agar longsor tidak terjadi lagi.

Sementara itu Suwarno (45) salah satu warga yang terancam longsor mengaku terpaksa harus masih menempati rumahnya lantaran tak ada lahan lain untuk memindahkan harta bendanya tersebut.

“Sudah ada 1 warga yang memindahkan rumahnya karena takur kena longsor yang semakin besar, tetapi saya masih bertahan lantaran tak ada lahan lain untuk memindah rumah. Agar longsor tak semakin parah, dengan dibantu para tetangga buat tanggul dari karung berisi tanah yang dengan penahan batang bambu,” jelasnya.

Dari kejadian ini Suwarno berharap agar pemerintah kabupaten melalui dinas terkait bisa memberikan bantuan penanggulangan terhadap bencana yang dihadapi warga di Desa Kendayaan tersebut.

“Sebab selain was-was untuk menempati rumah yang terancam longsor, jembatan yang longsor juga membuat aktifitas warga terganggu. Kami harap pemerintah bisa cepat mengambil sikap untuk bisa membuatkan tanggul dan membenahi jembatan yang merupakan akses utama para warga untuk melakukan aktifitas sehari-hari,” harapnya. (teg-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved