Blora on News :
Home » , » Panen Raya Melimpah, Bupati Kokok Terus Dorong Target Swasembada Pangan

Panen Raya Melimpah, Bupati Kokok Terus Dorong Target Swasembada Pangan

infoblora.com on Feb 29, 2016 | 1:00 PM

Bupati Blora H.Djoko Nugroho (Pak Kokok) tengah sedang panen raya bersama forkopimda dan petani di Kecamatan Cepu. (foto: jo-infoblora)
BLORA. Petani di Kecamatan Cepu, khususnya di Desa Kentong pada hari Senin (29/2) sedang melaksanakan panen raya. Panen melimpah di lahan seluas 744 hektar dihadiri langsung oleh Bupati Blora, Djoko Nugroho bersama jajaran forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda).

Djoko Nugroho, yang akrab dipanggil Kokok hadir didampingi oleh Kepala Balai Besar Biogen Litbang Pertanian Kementerian Pertanian, Ir. Mastur, M.Si., Ph.D, Dandim Blora, Letkol. Inf. Susilo, S.Sos, Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Perikanan (Dintanbunakikan) Kabupaten Blora, Ir. Reny Miharti, Asisten II Sekda Blora, Drs. Bondan Sukarno, M.M. dan Camat Cepu, Mei Nariyono, S.H.

Pada kesempatan tersebut, Camat Cepu Mei nariyono menyampaikan bahwa keberhasilan panen raya tersebut tidak lepas dari kerja keras para petani di Kecamatan Cepu. Selain itu, peran serta para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan para Babinsa dalam melakukan penyuluhan dan pendampingan kepada para petani di Cepu juga memberikan dampak positif bagi keberhasilan panen raya ini.

“Kecamatan Cepu yang hari ini menghasilkan panen padi seluas 744 hektar merupakan salah satu wilayah andalan dalam produksi padi di Kabupaten Blora, selain Kecamatan Kedungtuban dan Kecamatan Kradenan. Tiga kecamatan ini mampu menghasilkan panen padi sebanyak 3 kali dalam 1 tahun,” jelasnya.

Sementara itu, Reny Miharti Kepala Dintanbunakikan Blora mengatakan bahwa di tahun 2016 ini, periode Oktober 2015 s/d September 2016, Kabupaten Blora memiliki target yang cukup tinggi dalam pencapaian swasembada pangan produksi padi melalui program Upsus Pajale, yaitu dengan sasaran luas tanam seluas 104.000 hektar.

“Untuk periode Oktober 2015 hingga Maret 2016, Kabupaten Blora memiliki sasaran luas tanam seluas 61.000 hektar, dan sampai hari ini telah dicapai seluas 52.000 hektar (85%) lahan yang sudah ditanami padi,” jelas Reny.

Menurutnya khusus Kecamatan Cepu, sasaran luas tanam tahun 2016 yaitu seluas 6.196 hektar, dan untuk periode Oktober s/d Maret, sasaran luas tanamnya adalah 3.960 hektar dengan capaian sampai saat ini yaitu 3.090 hektar (78%). “Sampai akhir Maret 2016, Kecamatan Cepu masih punya PR untuk menanam padi seluas 900 hekta,”ujarnya.

Reny juga optimis bahwa target tanam yang sudah ditetapkan akan dapat dicapai oleh Kabupaten Blora. “Kami optimis untuk periode Oktober s/d Maret ini akan tercapai”, lanjutnya disambut tepuk tangan meriah para petani.

Untuk produksi Jagung di Kabupaten Blora, sasaran luas tanam dalam 1 tahun seluas 65.797 hektar. Sasaran tanam periode Oktober s/d Maret seluas 33.191 hektar dengan capaian sampai saat ini seluas 27.624 hektar (83%).

Sedangkan produksi kedelai untuk periode Oktober s/d Maret, dengan sasaran luas tanam 3.734 telah tercapai 3.293 hektar (88%). Sasaran luas tanam dalam 1 tahun untuk kedelai adalah seluas 5.529 hektar.

Faktor yang menunjang keberhasilan tanam yaitu pemenuhan sarana irigasi, penyediaan benih unggul, penggunaan pupuk yang sesuai, peralatan yang memadai, pengendalian hama dan penguatan penyuluhan secara intensif. Hal itu dikemukakan oleh Reny Miharti dalam sambutannya di hadapan para petani Kecamatan Cepu.

Kepala Balai Besar Biogen Litbang Pertanian Kementerian Pertanian, Mastur mengucapkan terima kasih kepada para petani Cepu atas capaiannya dalam panen raya kali ini. “Saya, atas nama Kementerian Pertanian RI, ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, khususnya kepada para petani di Cepu atas hasil yang telah diperoleh hari ini. Saya berharap, Kabupaten Blora dapat memberikan kontribusi yang maksimal bagi ketahanan pangan di Jawa Tengah, juga nasional”, ujarnya.

Senada dengan Mastur, Bupati Kokok juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para petani Cepu. Lebih lanjut, dia menekankan kepada Dinas Pertanian Kabupaten Blora untuk terus mengejar sasaran-sasaran berikutnya sepanjang tahun 2016 ini untuk mencapai target swasembada pangan.

“Melihat padi menguning yang siap panen di sana, saya tidak dapat menyembunyikan rasa senang. Saya ucapkan terima kasih kepada segenap pihak yang terlibat dalam keberhasilan ini. Kepada Bu Reny, saya minta untuk terus untuk bekerja keras untuk mengejar sasaran-sasaran berikutnya dan melampauinya”, pungkasnya. (hms | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved