Blora on News :
Home » , » Meski Musim Hujan, Kesegaran Es Jati Khas Blora Tetap Menggoda

Meski Musim Hujan, Kesegaran Es Jati Khas Blora Tetap Menggoda

infoblora.com on Feb 4, 2016 | 10:30 AM

Penampakan Es Jati khas Blora yang menyegarkan dahaga.
(foto: nw-ib)
BLORA. Selain dikenal sebagai penghasil kayu jati berkualitas nomor wahid karena memiliki hutan jati yang cukup luas, ternyata Blora juga memiliki kuliner yang unik dari pohon jati. Bukan kayunya yang diolah menjadi makanan, namun kali ini daun jatinya yang diolah menjadi bahan minuman segar.

Tangan-tangan kreatif masyarakat yang tinggal di kota kelahiran penulis ternama Pramoedya Ananta Toer ini berhasil menciptakan satu jenis minuman segar baru dari daun jati muda yang kini dikenal sebagai Es Jati khas Blora.

Meskipun saat ini sedang musim hujan, namun kesegaran Es Jati khas Blora tetap memikat para penggemarnya ketika tengah hari tiba. Banyak pedagang yang berjualan es berkuah hijau muda ini dengan menggunakan gerobak di beberapa jalan utama Kota Blora, seperti di Jl.MR Iskandar, Jl.Pemuda, Jl.Gunung Lawu, Jl.Ahmad Yani dll.

Hanya dengan uang Rp 3000 kita sudah bisa menikmati kesegaran es asli Blora yang mulai dikenal pertengahan tahun 2014 ini. Kebanyakan yang membeli es ini para pegawai, karyawan dan anak sekolah yang kehausan saat pulang beraktifitas.

Sesuai namanya, Es Jati ini terbuat dari bagian pohon jati yakni daun mudanya. Sarwana salah satu penjual es jati menjelaskan bahwa es ini terbuat dari campuran pucuk daun jati yang diberi pemanis air gula Jawa dan kuah santan.

“Tidak sembarang daun bisa digunakan sebagai bahan campuran. Biasanya kami memilih daun jati khusus yang masih muda,” kata Sarwana.

Ia mengatakan bahwa semua orang tahu, daun jati memberikan rasa gatal bila tersentuh kulit. Namun dalam wujud minuman seperti es jati yang terasa hanya nikmatnya saja. Aroma yang khas dari daun jati muda juga akan mengingatkan pada kehidupan masyarakat desa, di mana kedamaian terasa.

Sementara itu, Galuh (23) salah satu pembeli es jati mengatakan bahwa di dalam es jati terdapat irisan cincau sebagai isian. Sehingga ketika diminum terasa seperti es cincau pada umumnya. Bedanya sari daun jati lebih terasa dan memberikan sensasi kesegaran tersendiri. “Minuman yang sangat merakyat sesuai dengan karakteristik alam Blora,” ucap Galuh.

Menurutnya, selain harganya yang merakyat, antioksidan yang terkandung di daun jati sangat bagus untuk kesehatan.

“Minuman ini sudah ada lama mas, namun baru akhir-akhir ini muncul dan dijual di pasar. Biasanya penduduk pribumi menikmatinya ketika berada di hutan Jati,” imbuh Sarwana sembari meracik es jati pesanan Galuh.

Bagi anda yang kebetulan lewat di Jawa Tengah khususnya di Kota Blora tidak ada salahnya menyempatkan diri mampir sekedar menikmati es jati khas Blora. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved