Blora on News :
Home » , , » Kepada Ahok, Pemkab Blora Tawarkan Sapi Untuk Penuhi Kebutuhan Daging Jakarta

Kepada Ahok, Pemkab Blora Tawarkan Sapi Untuk Penuhi Kebutuhan Daging Jakarta

infoblora.com on Feb 3, 2016 | 5:00 PM

Potensi sapi yang sangat besar di Blora menjadikan Pj.Bupati Ihwan Sudrajat berani menawarkan kerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk menjadi suplaiyer daging. (foto: tio-ib)
BLORA. Kedatangan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama akhir pekan lalu di Kabupaten Blora ternyata tidak disia-siakan oleh Penjabat (Pj) Bupati Ihwan Sudrajat. Dalam pertemuan yang terjadi pada Minggu pagi (31/1) lalu tersebut, Pj.Bupati Ihwan Sudrajat ternyata telah menawarkan kerjasama antara Blora dengan Jakarta kepada Ahok (sapaan akrab Basuki Tjahaja Purnama).

Pj.Bupati yang juga mantan Kepala Disperindag Jateng ini rupanya menawarkan kerjasama pengiriman sapi potong dari Blora ke Jakarta untuk memenuhi kebutuhan daging yang semakin meningkat di ibukota negara. Hal tersebut ia sampaikan kepada jajaran SKPD dan seluruh camat dalam acara Coffee Morning di Pendopo Kabupaten, Rabu (3/2).

“Kepada Pak Ahok, beberapa hari lalu sudah saya tawarkan bahwa Blora ini dikenal sebagai salah satu sentra penghasil sapi di Jawa Tengah. Agar para peternak bisa mendapatkan pasar yang bagus di luar daerah, maka saya tawarkan kerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta agar sapi-sapi kita bisa dikirim kesana,” kata Ihwan Sudrajat.

Menurutnya selama ini para peternak di Blora hanya bisa panen saat lebaran kurban tiba, selebihnya pendapatan dari sektor peternakan tidak begitu menggembirakan. Berdasarkan keadaan tersebut, dirinya meminta agar Pemprov DKI Jakarta bisa melakukan survey ke Blora untuk mengetahui potensi sapi Blora yang sangat besar.

Dengan kata lain, kedepan Blora akan menjadi salah satu suplaiyer sapi ke DKI Jakarta. Mengingat kebutuhan daging sapi di Jakarta cukup tinggi. Setiap hari ibukota negara ini membutuhkan sapi rata-rata 600 ekor.

“Kalau sehari saja butuh 600 ekor, maka dalam sebulan bisa 18.000 ekor atau lebih yang dibutuhkan di Jakarta. Padahal hingga saat ini 97 persen kebutuhan sapi disana dipasok dari daging impor. Maka ini peluang besar bagi Blora jika bisa mengegolkan kerjasama pengiriman sapi,” ujar Ihwan Sudrajat.

Untuk diketahui, DKI Jakarta saat ini untuk memenuhi kebutuhan daging sapi juga menjalin kerjasama dengan Pemprov NTT. Jika Blora bisa, maka ongkos kirimnya bisa lebih murah jika dibanding ambil dari NTT. Tentu saja ini keuntungan bagi Pemprov DKI Jakarta.

Mengingat masa kerjanya yang tidak lama lagi di Blora, Pj.Bupati Ihwan Sudrajat pun berjanji akan mematangkan rencana kerjasama pengiriman sapi ke DKI Jakarta.

“Saya akan susun sebaik-baiknya tawaran kerjasama ini. Pemprov DKI Jakarta pun akan segera mengirimkan tim ke Blora untuk melakukan pengkajian. Sehingga kedepan Bupati terpilih tinggal melanjutkan,” pungkas Ihwan.

Sependapat dengan Pj.Bupati, Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Perikanan (Dintanbunakikan) Kabupaten Blora, Reni Miharti juga menyetujui kerjasama yang ditawarkan Ihwan Sudrajat.

“Ini ide yang baik dan perlu ditindaklanjuti. Karena kedepan bisa mendorong perkembangan dunia peternakan khususnya petani peternak sapi agar lebih semangat lagi dalam mengembangbiakkan sapi,” ucap Reni Miharti. (tio-infoblora)
Share this article :

3 komentar:

Dimas widodo said...

Siap mulih kampung angon pedet

teeqii said...

ini trobosan bagus... tp perlu dukungan dr byk pihak... semoga trobosan ini tidak tenggelam dan smoga cepat terwujud... demi kemakmuran masyarakat blora tentunya

burung said...

siapkan embung baru,,dan perbanyak jumlah embung..karena air adalah kendala utama disegala bidang usaha terutama dibidang peternakan sapi..

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved