Blora on News :
Home » , , , » Jenguk Korban Banjir di Kradenan, Arief Rohman Disambati Perbaikan Infrastruktur

Jenguk Korban Banjir di Kradenan, Arief Rohman Disambati Perbaikan Infrastruktur

infoblora.com on Feb 11, 2016 | 4:00 PM

Wakil Bupati Terpilih, H.Arief Rohman M.Si saat meninjau Desa Sumber Kecamatan Kradenan pasca banjir. (foto: tio-infoblora)
BLORA.  Musibah banjir akibat luapan Kali Wulung di Kecamatan Kradenan pada hari Senin (8/2) lalu yang merendam ratusan rumah warga di Desa Sumber dan Desa Mojorembun nampaknya mengundang keprihatinan Bapak H.Arief Rohman, M.Si untuk berkunjung ke wilayah terdampak bencana.

Wakil Bupati Terpilih pasangan Bupati Terpilih H.Djoko Nugroho yang baru akan dilantik pada 17 Februari mendatang tersebut pun pada hari Rabu (10/2) setibanya dari Jakarta langsung menuju Desa Sumber dan Desa Mojorembun untuk meninjau kondisi terkini korban pasca banjir.

Di Desa Sumber, H.Arief Rohman, M.Si yang juga mantan anggota DPRD Jawa Tengah dari F-PKB ini langsung disambut oleh Kepala Desa setempat, Zaky Bachroni S.Psi. Dihadapan sang wakil bupati terpilih, Zaky Bachroni langsung memaparkan kondisi desanya pasca diterjang banjir.

Kondisi jembatan Kali Wayang di Desa Sumber yang diajukan perbaikan.
(foto: tio-infoblora)
“Banyak infrastruktur di Desa Sumber yang rusak sehingga perlu diperbaiki pasca banjir melanda. Kami meminta agar Pak Arief Rohman setelah dilantik mendampingi Pak Kokok (sapaan akrab Djoko Nugroho) akan dapat mengusahakan perbaikan drainase dan jembatan di desa kami agar banjir tidak datang lagi,” ucap Zaky.

Ia mengusulkan perbaikan jembatan Kali Wayang penghubung Dukuh Sumber menuju Dukuh Jompong. Kondisi jembatan yang terbuat dari kayu tampak sudah rapuh dan tidak kuat dilalui truk bertonase berat. Sehingga menurutnya perlu dibangun lagi. Begitu juga dengan drainase di Desa Sumber, perlu revitalisasi sehingga saat hujan deras melanda, aliran air bisa lancar dan tidak menyebabkan genangan banjir.

Menurutnya, saat banjir tiba beberapa hari lalu tersebut setidaknya ada 400 an rumah warga yang terendam dengan kedalaman 60 cm hingga 100 cm. Bantuan telah datang dari BPBD Blora dan pemeriksaan gratis dari Puskesmas Menden.

Merespon permintaan Kades Sumber, H.Arief Rohman, M.Si sengaja mengajak temannya, Pak Huda dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Blora bidang Bina Marga untuk menanggapi usulan Zaky Bachroni.

“Sebelumnya Pak Kades Sumber ini sudah menghubungi saya via telepon dan meminta perbaikan infrastruktur yang rusak pasca diterjang banjir, sehingga saya langsung membawa orang teknis dari DPU agar bisa diarahkan kemana jalan pengajuan proyeknya,” jelas H.Arief Rohman, M.Si.

H Arief Rohman M.Si kaos hitam (6 dari kanan) berfoto dengan sedulur sikep Dukuh Tambak Desa Sumber. (foto: tio-infoblora)
Sementara itu, Huda dari DPU Blora mengatakan bahwa pihaknya belum bisa memberikan keputusan apakah pengajuan perbaikan infrastruktur ini bisa langsung dilakukan. “Sementara ini kami tampung untuk dicarikan jalan pengajuan proyeknya,” ujar Huda.

Pihaknya juga menyempatkan berkunjung ke pemukiman sedulur sikep (samin) di Dukuh Tambak yang masih dihuni orang-orang sikep sebanyak 47 KK. Bersilahturahmi ke rumah Mbah Kasbi sesepuh sedulur sikep setempat.

Disini Kades Sumber, Zaky Bachroni mengajukan usulan perbaikan jalan lingkungan untuk sedulur sikep mengingat lokasi ini merupakan salah satu cagar budaya setempat yang banyak menjadi rujukan penelitian tradisi  sikep dari berbagai perguruan tinggi.

Setelah meninjau Desa Sumber, sekitar pukul 17.00 WIB rombongan wakil bupati terpilih menuju Desa Mojorembun yang berjarak hanya 1 km. H.Arief Rohman langsung menuju Balaidesa Mojorembun yang kebetulan saat itu sedang ada kegiatan pengobatan massal gratis bagi para korban banjir.

Warga Desa Mojorembun mengikuti pengobatan massal gratis di balaidesa setempat saat dikunjungi H.Arief Rohman M.Si. (foto: tio-infoblora)
Rombongan disambut Pak Sekdes Mojorembun Jauhari dan perangkat lainnya. Mereka menyampaikan keadaan Desa Mojorembun kepada H.Arief Rohman M.Si. Diantaranya pasca banjir banyak warga bergotong royong membersihkan lumpur di dalam rumah dibantu remaja karang taruna.

“Kemarin kami gelar gotong royong pembersihan rumah. Siang tadi dilakukan pembagian sembako bantuan dari BPBD dan kini dilanjutkan pengobatan gratis,” kata Jauhari.

Sedangkan kepada H.Arief Rohman M.Si, Sekdes Mojorembun Jauhari meminta agar di desanya kelak bisa diusulkan pembangunan talud, drainase dan tanggul sungai agar banjir tidak datang lagi setiap tahun saat musim hujan tiba. Saat banjir tersebut, dua akses jalan dari Desa Sumber menuju Mojorembun terputus akibat terendam air hingga kedalaman 1 meter.

H.Arief Rohman, M.Si mendatangi korban banjir yang sedang antri pengobatan gratis di Balaidesa Mojorembun. (foto: gem-ib)
“Coba kebutuhan Desa Mojorembun didata semuanya, kemudian buat rencana pembangunan pasca banjir dan sampaikan ke DPU agar nanti bisa diajukan pengusulan proyeknya di APBD. Sehingga bisa segera ditindaklanjuti. Kami akan mengawal,” jelas Arief Rohman.

Ahmad Rifai, salah satu warga Desa Mojorembun yang juga anggota karang taruna setempat menyambut baik kunjungan wakil bupati terpilih ke desanya. “Terimakasih Pak Arief Rohman sudah mau mengunjungi desa saya yang menjadi langganan banjir ini. Semoga akan ada manfaat bagi desa kami setelah dikunjungi Bapak,” ucap Rifai.

Adapun Kepala Desa Mojorembun, Moch Syaifudin Zuhri saat itu tidak bisa ikut menemui rombongan H.Arief Rohman M.Si karena sedang sakit asam lambung dan dirawat di salah satu rumah sakit yang ada di Kecamatan Cepu.

H.Djoko Nugroho sendiri saat terjadi banjir masih menunaikan ibadah umroh bersama keluarganya di Tanah Suci Saudi Arabia sehingga belum bisa mengunjungi para korban banjir di Kecamatan Kradenan dan sekitarnya. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved