Blora on News :
Home » , » Imlek 2567 : Hujan Deras, Barongsai di Klenteng Hok Tik Bio Blora Tetap Meriah

Imlek 2567 : Hujan Deras, Barongsai di Klenteng Hok Tik Bio Blora Tetap Meriah

infoblora.com on Feb 8, 2016 | 1:30 AM

Atraksi Barongsai Naga Mustika terpaksa dilakukan di teras Klenteng Hok Tik Bio Blora karena hujan deras. Meski demikian penonton tetap antusias menyaksikan. (foto: tq-infoblora)
BLORA. Perayaan Tahun Baru Imlek 2567 di Klenteng TITD Hok Tik Bio Blora dimulai pada Minggu sore (7/2) kemarin dengan pementasan kesenian Barongsai dan Leang-leong Naga Mustika. Dengan guyuran hujan deras, acara yang dimulai pukul 16.30 WIB tersebut sempat molor hingga pukul 17.00 WIB baru dimulai.

Meskipun hujan deras, tidak menjadi penghalang pementasan untuk menyambut datangnya tahun monyet api kali ini. Bahkan masyarakat umum pun rela hujan-hujanan datang ke Klenteng untuk menyaksikan aksi barongsai tahunan setiap malam Imlek.

Atraksi barongsai di halaman teras depan Klenteng Hok Tik Bio sempat dihentikan sementara disaat adzan maghrib berkumandang, pementasan dilanjutkan hingga malam dengan iringan hujan yang tak kunjung reda.

Tidak hanya kaum etnis keturunan tiongkok yang memainkan barongsai, masyarakat lokal juga turut memeriahkan pementasan kali ini. Mulai anak-anak, dewasa hingga ibu-ibu juga ikut memainkan kesenian dari negeri Tiongkok tersebut.

Ketua Yayasan Klenteng TITD Hok Tik Bio Blora, Darmawan Wijaya atau yang lebih akrab disapa Koh Njin menjelaskan bahwa pementasan digelar pada Minggu malam kemarin untuk menyambut datangnya Tahun Baru Imlek 2567.

“Dalam kepercayaan kami, ajaran menganjurkan di setiap malam Imlek tidak boleh tidur. Sehingga agar tetap meriah, kami gelar pementasan barongsai di malam Imlek,” ucapnya, Minggu (7/2) semalam.

Sementara itu, Valen (14) mengaku sudah sejak beberapa hari lalu tahu bahwa sore itu akan ada pementasan barongsai di klenteng. “Sejak Kamis lalu saya sudah diberitahu Bapak kalau sore ini ada barongsai. Tadi kesini hujan-hujanan naik sepeda bersama teman-teman,” kata Valen.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, pementasan barongsai juga akan dilaksanakan pada Senin (8/2) malam atau nanti malam mulai 19.00 WIB bertempat di Atrium Luwes Blora.

“Besok malam (nanti malam-red) barongsai akan main di Luwes, sedangkan di Klenteng hari Senin hanya dikhususkan untuk sembahyangan. Silahkan jika ingin berkunjung ke Klenteng, asal tidak mengganggu umat yang sedang bersembahyang,” pungkas Koh Njin. (ag-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved