Blora on News :
Home » , » Hijaukan Bumi Blora, Perhutani KPH Randublatung Siapkan 1,2 Juta Lebih Bibit Pohon

Hijaukan Bumi Blora, Perhutani KPH Randublatung Siapkan 1,2 Juta Lebih Bibit Pohon

infoblora.com on Feb 2, 2016 | 11:30 AM

Seorang petugas Perhutani KPH Randublatung sedang memeriksa persemaian bibit pohon jati. (foto: rs-ib)
BLORA. Menghadapi musim tanam tahun 2016, Perum Perhutani KPH Randublatung kini telah menyiapkan bibit tanaman kehutanan sebanyak 1.277.002 bibit, yang terdiri atas jenis jati dan tanaman rimba lainnya.

Kepala Seksi Perencanaan Sumber Daya Hutan dan Lingkungan Perhutani KPH Randublatung, Rani Maharto menjelaskan, untuk tahun ini KPH Randublatung akan menanam pohon di kawasan hutan seluas 983,9 ha. Masing-masing terdiri dari tanaman jati seluas 886,9 ha. ”Sementara penanaman di Kawasan Perlindungan Setempat ( KPS ) seluas 97 ha,” jelasnya.

Tanaman jati yang ditanaman tersebut berasal dari varietas Jati Plus Perhutani ( JPP ) Stek Pucuk seluas 983,9 ha. ”Luas tanaman JPP tersebut dilakukan dengan pola silvikultur intensif. Dalam pola tersebut tanaman akan mendapatkan perlakuan dangir, pemupukan dan perawatan lanjutan lainnya, dan syarat mutlak JPP pada lokasi tersebut harus dilakukan dengan cara tumpangsari,” jelas Rani.

Dikemukakan, peran sosial Perhutani akan kelihatan jelas bagi masyarakat, karena dalam sistem tumpangsari tersebut akan melibatkan masyarakat desa hutan untuk melakukan aktivitas penanaman palawija jagung maupun jenis lain di lahan tanaman jati muda.

Sedangkan untuk kawasan KPS, lanjutnya, akan ditanam jenis rimba campur yang terdiri dari jenis mahoni, johar, salam dan sejumlah tanaman lainnya.

”Untuk keperluan itu semua, saat ini akan membutuhkan bibit sebanyak 1.277.002, dan telah disiapkan dilokasi persemaian milik Perhutani KPH Randublatung,” kata Rani Maharto.

Disinggung tentang kapan pelaksanaan penanaman massal tersebut, pihaknya belum bisa memastikan tanggal dan hari penanamannya. “Hingga saat ini kami sedang fokus mempersiapkan lahan dan pengadaan bibit tanaman. Untuk penanamannya nanti akan dilakukan sesegera mungkin setelah semuanya siap, dengan melibatkan masyarakat desa hutan sekitar,” pungkasnya. (Ud-SM | Jo-infoblora) 
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved