Blora on News :
Home » , » Warga Berharap Jembatan Bengawan Solo di Kradenan Segera Direalisasikan

Warga Berharap Jembatan Bengawan Solo di Kradenan Segera Direalisasikan

infoblora.com on Jan 16, 2016 | 8:55 PM

Warga Kradenan Blora hanya bisa memanfaatkan perahu untuk menyeberani Bengawan Solo untuk beraktifitas sehari-hari. (foto: tio-infoblora)
BLORA. Musim hujan kembali datang dan air Sungai Bengawan Solo kembali deras. Para pengguna jasa penyeberangan perahu di Desa Medalem Kecamatan Kradenan Blora untuk menuju wilayah Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro juga merawa was-was dan khawatir.

Sebab saat puncak musim hujan air Bengawan Solo bisa meluap sehingga perahu penyeberangan terpaksa dihentikan. Akibatnya aktifitas ekonomi masyarakat di kedua wilayah ini tersendat. Padahal diketahui setiap hari ratusan warga hilir mudik menjual hasil pertanian dan sebaliknya dari Kradenan ke Ngraho.

Sebetulnya masyarakat di wilayah ini sudah lama menantikan adanya pembangunan jembatan yang menghubungkan 2 wilayah Kabupaten di dua provinsi tersebut. Tidak adanya jembatan memaksa mereka memanfaatkan jasa perahu dengan ongkos sekali menyeberang Rp 2.000,-.

“Informasinya sudah ada rencana akan dibangun baik dari Pemkab Blora maupun Bojonegoro. Tapi entah kapan pelaksanaannya, semoga secepatnya agar warga bisa menyeberang sungai dengan rasa aman dan nyaman,” kata Winata, salah satu warga Kecamatan Kradenan yang sore kemarin sedang menyeberang Bengawan Solo bersama rekannya.

Sebelumnya, Kepala Desa (Kades) Medalem Anik Juarti juga mengungkapkan hal yang sama. Bahwa sejak dirinya masih kecil hingga kini menjadi kades, harapan warga agar dibangunkan jembatan belum juga terealisasi. Menurutnya selama ini hanya wacana saja.

“Jika pembangunan benar-benar sudah direncanakan oleh pemerintah daerah, kami berharap agar pembangunannya bisa direalisasikan. Kami sangat butuh jembatan untuk akses pedagangan menuju Bojonegoro dan Ngawi, karena kalau harus melewati jembatan di Kecamatan Cepu sangat jauh jaraknya,” ucap Anik Juarti.

Sementara itu berdasarkan pengamatan tim Info Blora di lapangan, kemarin sore, banyak warga yang pulang bekerja menuju rumah melalui jalur penyeberangan sungai di Desa Medalem tersebut. Ada pedagang, petani, pencari kayu, karyawan koperasi keuangan, hingga pelajar yang menggunakan jasa penyeberangan yang dikenal tambangan ini.

Bisa dikatakan kebedaraan penyeberangan di wilayah ini sangatlah vital untuk aktifitas warga. Sudah seharusnya pemerintah daerah secepatnya merespon permintaan rakyatnya, sehingga jembatan bisa segera dibangun. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved