Blora on News :
Home » , , » Timpa 2 Pengendara Motor, Trembesi Tua Roboh Macetkan Jl.Blora-Randublatung

Timpa 2 Pengendara Motor, Trembesi Tua Roboh Macetkan Jl.Blora-Randublatung

infoblora.com on Jan 23, 2016 | 8:30 PM

Hingga Sabtu petang pukul 19.30 WIB tadi, petugas dari BPBD, KKP dan Kepolisian masih sibuk melakukan evakuasi pohon trembesi yang roboh di Jl.Blora-Randublatung km 3 Desa Kamolan. (foto: tio-infoblora)
BLORA. Sabtu sore (23/1) pukul 17.15 WIB sebuah pohon trembesi besar yang sudah berumur puluhan tahun roboh menimpa 2 orang pengendara motor dan sebuah rumah di Jl.Blora-Randublatung km 3 wilayah RT 01 RW 01 Desa Kamolan Kecamatan Blora Kota. Kejadian yang tiba-tiba terjadi tanpa adanya hujan dan angin kencang tersebut membuat warga sekitar perempatan Desa Kamolan geger.

Seperti yang diceritakan Nur Umar Said (60) warga sekitar, kejadian bermula sore hari sebelum maghrib. “Tiba-tiba pohon trembesi tua yang berada di timur jalan depan rumah Pak Sukardi roboh mengarah ke barat padahal tidak ada angin ataupun hujan. Saya langsung berteriak memanggil warga untuk melakukan pertolongan, pasalnya ada 2 korban pengendara motor yang tertimpa,” kata Nur Umar Said.

“Tanpa pikir panjang saya langsung pinjam mobil Bu Tomo agar supirnya mau mengantarkan 2 korban ke rumah sakit. Sementara warga lainnya menghubungi polisi, Kantor Kebersihan dan Pertamanan (KKP) DPU Blora dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar membantu mengevakuasi batang pohon yang melintang di jalanan,” lanjutnya.

Menurutnya tak berselang lama bantuan dari polisi, KKP dan BPBD langsung datang ke TKP untuk melakukan evakuasi pemotongan batang pohon yang menyebabkan arus lalu-lintas di Jl.Blora-Randublatung hingga Sabtu petang macet dari kedua arah.

Pemotongan pohon dilakukan oleh petugas hingga pukul 20.00 WIB karena besarnya pohon dan banyak ranting yang menimpa rumah milik Marsono alias No Gamping (50) di sebelah barat jalan. Arus lalu-lintas pun dialihkan oleh Satlantas memutar memasuki jalan desa setempat agar tidak terjadi kemacetan panjang.

Berdasarkan data yang dihimpun dari BPBD, 2 korban pengendara motor yang tertimpa pohon adalah Mimin (25) beserta suaminya Wawan (28) warga Desa Pelem yang sore itu melintas hendak menuju arah Kota Blora.

“Kedua korban mengalami luka-luka, dan sudah dibawa ke RSUD Blora. Sedangkan motornya jenis Yamaha Vega R rusak berat akibat tertimpa pohon sudah diamankan pihak kepolisian,” kata Sri Rahayu, Kepala BPBD Blora yang petang itu ikut turun langsung melakukan evakuasi.

Akibat kejadian tersebut, kerugian ditaksir mencapai Rp 15 juta mengingat 1 sepeda motor rusak berat dan teras rumah Marsono atapnya hancur. Pihak BPBD akan segera melaporkan kejadian tersebut ke BNPB agar bisa segera diberikan bantuan.

Sementara itu, Kabid KKP DPU Blora Langgeng Warsito membenarkan jika pohon peneduh jalan di sepanjang Jl.Blora-Randublatung mulai Jembatan Gabus hingga perempatan Desa Kamolan banyak yang berusia tua.

“Kami sedang melakukan pemotongan dan pemangkasan dahan pohon tua sampai selatan Gabus. Belum sampai ke Desa Kamolan, ternyata disini pohonnya sudah tumbang duluan. Setelah petang ini dibereskan, besok tim KKP akan melanjutkan memangkas pohon-pohon tua peneduh jalan agar tidak terjadi peristiwa serupa,” ungkap Langgeng. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved