Blora on News :
Home » , » Struktur APBD Blora 2016 Belum Efisien, Masih Ada Usulan Pengadaan Mobil Dinas

Struktur APBD Blora 2016 Belum Efisien, Masih Ada Usulan Pengadaan Mobil Dinas

infoblora.com on Jan 13, 2016 | 1:00 AM

Struktur APBD Blora 2016 yang disahkan DPRD bersama Pj.Bupati Ihwan Sudrajat pada 7 Desember 2015 lalu ternyata masih belum efisien. Pasalnya masih dijumpai sejumlah pemborosan menurut Kepala DPPKAD Blora, Gunadi. (foto: dok)
BLORA. Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKAD) Blora, Gunadi mengakui struktur APBD Blora 2016 belum mencerminkan efisiensi anggaran. Bahkan menurutnya masih ada sejumlah satuan kerja yang masih menggarkan dana untuk pengadaan mobil dinas, padahal saat ini keadaan kendaraan dinas di lingkup Pemkab Blora masih dalam keadaan baik dan cukup.

“Ternyata masih ada juga unit kerja yang masih menganggarkan pengadaan mobil dinas. Padahal kendaraan dinas di Pemkab Blora sudah lebih dari cukup. Adanya sejumlah anggaran itulah turut memberi andil jomplangnya belanja tidak langsung dibanding belanja langsung untuk pembangunan dalam struktur APBD 2016,” kata Gunadi, kemarin.

Selain itu, dia mencontohkan pembelian alat tulis kantor (ATK) masih dianggarkan di sejumlah bagian di satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Padahal jika efisiensi diberlakukan, pembelian ATK semestinya terpusat di salah satu bagian saja.

“Dulu ketika masih bertugas di Setda saya ingat jika butuh kertas atau ATK, langsung minta di bagian perlengkapan. Tapi sekarang semua bagian menganggarkan sendiri pembelian ATK. Itu sangat tidak efisien dan cenderung pemborosan,” ujarnya.

Lebih lanjut Gunadi menuturkan, APBD 2016 belum mencerminkan kebutuhan tetapi masih menonjolkan keinginan. Akibatnya, akan timbul pemborosan di beberapa item penganggaran.

“Selain ATK masih tersebar, pakaian dinas dan olahraga juga masih dianggarkan di beberapa unit kerja. Bahkan ada juga alokasi honor untuk pengetikan SK ataupun dokumen lainnya,” tandasnya.

Menurutnya kedepan harus ada revisi perubahan susunan APBD 2016. “Perubahan APBD 2016 sangat diperlukan untuk menggeser anggaran agar tidak terjadi pemborosan demi efisiensi sehingga dana yang ada bisa tepat penggunaannya untuk pembangunan,” pungkasnya. (Aiz-SMnetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved