Blora on News :
Home » , » Pj.Bupati Ihwan Sudrajat : Pemkab Blora Kesulitan Lahan Untuk Bangun Waduk

Pj.Bupati Ihwan Sudrajat : Pemkab Blora Kesulitan Lahan Untuk Bangun Waduk

infoblora.com on Jan 19, 2016 | 2:00 AM

Pj.Bupati Blora Ihwan Sudrajat. (foto: teg-ib)
BLORA. Keinginan Pemkab Blora untuk membangun waduk terkendala ketersediaan lahan. Padahal, saat ini pemerintahpusat siap mengucurkan dana pembangunan waduk sebagai salah satu program menjamin ketersediaan air irigasi saat musim kemarau tiba.

Penjabat (Pj) Bupati Blora Ihwan Sudrajat mengatakan, saat ini pemerintah pusat menawarkan pembangunan waduk ke daerah daerah.

“Dananya ada, tinggal mengucurkan saja. Itu bedanya dulu dengan sekarang. Kalau dulu pemkab yang mengajukan proposal, sekarang pemkab yang diminta membuat proposal. Dana di pusat untuk daerah cukup banyak,” kata Ihwan, kemarin.

Program pemerintah pusat memperbanyak waduk tersebut sebenarnya sejalan dengan keinginan Pemkab yang tengah berupaya mencari jalan keluar mengatasi kekeringan yang setiap tahun terjadi. Hanya saja menurut Ihwan Sudrajat, Pemkab tidak mempunyai lahan untuk pembangunan waduk.

“Jika ingin mendapatkan bantuan atau anggaran pembangunan waduk, pemerintah daerah harus menyediakan lahan untuk pembangunan waduk tersebut. Sementara kita tidak punya lahan,” ucapnya.

Belum tersedianya lahan untuk pembangunan waduk di Blora bukan berarti upaya untuk mengatasi kekeringan tidak dilaksanakan. Selain memperbanyak embung, Pemkab berencana membangun bendung air di sejumlah desa pada tahun ini.

Saat ini, Blora hanya memiliki tiga waduk yang tidak seberapa besar yakni Waduk Tempuran, Greneng dan Bentolo. Berbeda dengan dua waduklainnya, debit air di Waduk Tempuran kerap menyusut saat musim kemarau.

Minimnya pasokan air saat musim kemarau membuat WadukTempuran yang berada di Kecamatan Blora itu airnya cepat habis. Padahal selain sebagai air irigasi pertanian, air di waduk tersebut digunakan sebagai sumber air baku PDAM. (H18-89)
Share this article :

0 komentar:

Telepon Penting

Nomor Telepon Instansi Layanan Masyarakat

(0296) 525110

(0296) 531083

(0296) 531118

MAPOLRES Blora

SATLANTAS POLRES Blora

RSUD dr.R.SOETIJONO Blora
(0296) 531009

(0296) 4319051

PLN Unit Pelayanan Jaringan Blora

Pemadam Kebakaran

(0296) 532599

(0296) 531275

(0296) 531736
BPBD Blora

PMI Kabupaten Blora

Perusahaan Air Minum PDAM Blora
*Butuh nomor lainnya, Follow @info_Blora
 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved