Blora on News :
Home » , » Penderita Terus Bertambah, DBD di Blora Masuk Kategori Kejadian Luar Biasa

Penderita Terus Bertambah, DBD di Blora Masuk Kategori Kejadian Luar Biasa

infoblora.com on Jan 20, 2016 | 11:46 AM

Penderita DBD mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit. (foto: tio-infoblora)
BLORA. Dari hari ke hari di bulan Januari 2016 ini jumlah penderita demam berdarah dengue (DBD) di Blora terus mengalami peningkatan. Bahkan setiap hari selalu ada penderita baru yang masuk ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan intensif.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora, dr.Henny Indriyanti melalui Kabid Kesehatan Masyarakat, Lilik Hernanto SKM, M.Kes menjelaskan bahwa dalam 3 pekan terakhir mulai 1 Januari hingga 20 Januari 2016 sudah ada penderita DBD sejumlah 50 orang.

“Pada 15 Januari lalu, penderita baru 34 orang. Namun semakin hari semakin bertambah hingga kini ada 50 penderita lebih. Jika dilihat dari besaran kasusnya maka Blora sudah masuk kategori kejadian luar biasa (KLB),” jelas Lilik Hernanto, SKM, M.Kes, Rabu (20/1).

Kepada masyarakat, pihaknya mengingatkan agar warga terus meningkatkan kewaspadaan dan giat melaksanakan Pembasmian Sarang Nyamuk (PSN) di sekitar lingkungan tempat tinggal.

”Termasuk jika ada anggota keluarga yang menderita demam selama 3 hari tidak turun-turun segeralah membawa ke dokter, Puskesmas atau rumah sakit terdekat. Karena dimungkinkan itu merupakan gejala awal penderita demam berdarah,” harap Lilik.

Dengan semakin merebaknya kasus DBD itu, lanjut Lilik, Dinas Kesehatan dalam waktu dekat ini akan melakukan fogging atau pegasapan di seluruh sekolahan mulai dari TK hingga SMA di tiga Kecamatan, masing-masing di Kecamatan Blora Kota, Kecamatan Tunjungan dan di Kecamatan Jepon.

“Tahan awal akan dilakukan di 3 kecamatan terlebih dahulu. Jika di kecamatan lain juga ada kasus DBD yang signifikan maka tidak dipungkiri fogging juga akan dilakukan ke lokasi yang dinyatakan endemik DBD,” ucap Lilik. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved