Blora on News :
Home » , » Pemkab Blora Panen Raya Padi Ribuan Hektar di Desa Sidorejo Kedungtuban

Pemkab Blora Panen Raya Padi Ribuan Hektar di Desa Sidorejo Kedungtuban

infoblora.com on Jan 28, 2016 | 12:30 AM

Penjabat (Pj) Bupati Blora Ihwan Sudrajat beserta Dandim, Kepala Dintanbunakikan dan Camat Kedungtuban saat panen raya di Desa Sidorejo. (foto: humbla)
BLORA. Desa Sidorejo Kecamatan Kedungtuban memberikan kontribusi signifikan bagi ketahanan pangan di Kabupaten Blora berupa produksi padi yang melimpah. Di bulan pertama tahun 2016 ini, Desa Sidorejo menghasilkan panen padi seluas 3000 hektar dan sekitar 1 sampai 2 minggu mendatang, akan dipanen seluas 2.569 hektar.

Pada acara panen raya padi kemarin, Pj. Bupati Blora, Dr. Ir. Ihwan Sudrajat, M.M. melakukan uji coba pengoperasian mesin tanam padi rice transplanter, didampingi oleh Kepala Balai Besar Biogen Litbang Pertanian Kementerian Pertanian, Dr. Ir. Karden Mulya, Dandim Blora Letkol. Inf. Ariful Muttaqin, Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Perikanan Kabupaten Blora, Ir. Reny Miharti dan Camat Kedungtuban, Dasiran, S.Ag., M.Si.

Diketahui Kecamatan Kedungtuban merupakan salah satu wilayah andalan produksi padi di Kabupaten Blora, yang mampu panen 3 kali dalam setahun. Untuk periode Oktober 2015 s/d Januari 2016, realisasi tanam di Kecamatan Kedungtuban telah mencapai luas 5.112 hektar. Angka tersebut sudah melampaui sasaran luas tanam seluas 4.825 hektar.

Pada kesempatan tersebut, Camat Kedungtuban Dasiran menyampaikan bahwa keberhasilan tersebut tidak lepas dari kerja keras para petani di Kedungtuban. Selain itu, peran serta para Penyuluh Pertanian dan para Babinsa dalam melakukan penyuluhan dan pendampingan kepada para petani juga memberikan dampak positif bagi keberhasilan panen raya ini.

“Enam faktor yang menunjang keberhasilan tanam yaitu pemenuhan sarana irigasi, penyediaan benih unggul, penggunaan pupuk yang sesuai, peralatan yang memadai, pengendalian hama dan penguatan penyuluhan secara intensif,” kata Kepala Dintanbunakikan Blora, Reny Miharti di hadapan para petani Kedungtuban.

Kepala Balai Besar Biogen Litbang Pertanian Kementerian Pertanian, Karden Mulya mengucapkan terima kasih kepada para petani Blora atas capaiannya dalam panen raya kali ini.

“Saya, atas nama Kementerian Pertanian RI, ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, khususnya kepada para petani di Kedungtuban atas hasil yang telah diperoleh hari ini. Saya berharap, Kabupaten Blora dapat memberikan kontribusi yang maksimal bagi ketahanan pangan di Jawa Tengah, bahkan nasional”, ujarnya.

Senada dengan Karden Mulya, Ihwan Sudrajat juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para petani Kedungtuban. Lebih lanjut, dia menekankan kepada Dinas Pertanian Kabupaten Blora untuk terus mengejar sasaran-sasaran berikutnya sepanjang tahun 2016 ini.

“Melihat padi menguning yang siap panen di sana, saya tidak dapat menyembunyikan rasa senang. Saya ucapkan terima kasih kepada segenap pihak yang terlibat dalam keberhasilan ini. Kepada Bu Reni, saya minta terus bekerja keras untuk mengejar sasaran-sasaran berikutnya dan melampauinya”, tegasnya. (humbla | Jo-infoblora)
Share this article :

1 komentar:

novia arie said...

Selamat buat desa Sidorejo, semoga makin melimpah dan makmur

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved