Blora on News :
Home » , , » Pemerintah Pusat Akan Bantu Danai Pembangunan Pasar Induk Blora

Pemerintah Pusat Akan Bantu Danai Pembangunan Pasar Induk Blora

infoblora.com on Jan 11, 2016 | 12:54 AM

Pj.Bupati Blora saat meresmikan Pasar Rakyat Jepon mendapatkan kepastian bahwa Kementerian Perdagangan juga akan membantu dana pembangunan Pasar Induk Blora. (foto: kwt-blora)
BLORA. Usaha Pemkab Blora untuk mencari dukungan dana pembangunan Pasar Induk Blora nampaknya direspon oleh Pemerintah Pusat. Pemerintah Pusat memalui Kementerian Perdagangan akan menganggarkan sejumlah dana untuk membantu pembangunan Pasar Induk Blora yang rencananya akan dilakukan tahun 2016 ini.

Kepastian tersebut didapatkan oleh Penjabat (Pj) Bupati Blora Ihwan Sudrajat saat berjumpa dengan Sekretaris Direktorat Jendral Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan RI, Suhanto ketika meresmikan penggunaan Pasar Rakyat Jepon beberapa hari lalu.

“Anggaran dana untuk pembangunan Pasar Induk Blora dari pemerintah pusat sudah mulai ada kejelasan. Semoga bantuan dana tersebut nanti bisa digunakan untuk mendukung pengembangan Pasar Induk Blora menjadi lebih bagus dan tertata,” ucap Pj.Bupati Ihwan Sudrajat, kemarin.

Menurutnya, Sekretaris Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementrian Perdagangan Suhanto saat itu menyatakan bahwa bantuan anggaran yang akan diberikan nanti sifatnya sebagai stimulus pembangunan.

“Tahun ini Pemerintah Pusat akan dibantu untuk pembangunan pasar Blora namun dananya disifatnya untuk stimulus,” ujar Ihwan Sudrajat menirukan pernyataan Suhanto.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, anggaran yang akan diberikan Pemerintah Pusat sebagai bentuk dukunan pembangunan Pasar Induk Blora tidak cukup besar, hanya sekitar Rp 1 miliar yang bersifat stimulus.

Pemberian bantuan dana stimulus tersebut diberikan Pemerintah Pusat karena dalam beberapa tahun terakhir Pemkab Blora serius melakukan revitalisasi sejumlah pasar tradisional. Salah satu kategori dalam revitalisasi pasar tradisional adalah harus sudah berusia 30 tahun lebih, seperti halnya Pasar Induk Blora yang dibangun tahun 1974.

Sekedar diketahui, sejak tahun 2013 Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perdagangan telah mengucurkan dana miliaran rupiah untuk pembangunan atau revitalisasi pasar tradisional di Kabupaten Blora.

Pada tahun 2013 dan 2015, Kementerian Perdagangan mengucurkan dana miliaran rupiah untuk Pasar Rakyat Jepon dalam 2 tahap pembangunan, yang kini telah berhasil dibangun dan mulai ditempati pedagang.

Sedangkan di tahun 2016 ini giliran Pasar Induk Blora yang akan dikucuri dana untuk pembangunannya. Selain dana dari Kementerian Perdagangan, Pemkab sendiri bersama Pemprov Jateng telah menyediakan anggaran sebesar Rp 35 miliar. Sehingga anggaran sebesar itu dinilai sudah cukup untuk pembangunan Pasar Induk Blora.


Pasar Induk Blora sendiri sesuai rencana akan dibangun dengan 3 lantai dilengkapi dengan eskalator dan lift. Dimana dalam penggunaannya nanti akan diberlakukan zonasi pedagang antara pedagang sayur basah, bumbu kering, pakaian dan perabotan rumah tangga. Sekitar 800 kios akan dibangun dalam revitalisasi tahun 2016 ini. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved