Blora on News :
Home » , » Pabrik Gula GMM Berjanji Perbaiki Pengolahan Limbah Agar Tak Cemari Bentolo

Pabrik Gula GMM Berjanji Perbaiki Pengolahan Limbah Agar Tak Cemari Bentolo

infoblora.com on Jan 15, 2016 | 1:30 AM

Lastiningsih salah satu manager PT.GMM membacakan surat pernyataan kesanggupan perbaikan pengolahan limbah dari Presdir PT.GMM Kamadjaja. (foto: am-sm)
BLORA. Pihak pabrik gula PT Gendhis Multi Manis (GMM) yang hadir dalam paparan hasil penelitian Pusat Studi Lingkungan Hidup (PSLH) UGM Yogyakarta terhadap pencemaran Waduk Bentolo menegaskan siap untuk menindak lanjuti rekomendasi, agar pencemaran tidak terulang kembali.

Kesanggupan itu dibuktikan dengan dibuatnya surat pernyataan oleh Presiden Direktur PT GMM Kamadjaja. Saat itu Kamadjaya tidak hadir dalam paparan di ruang rapat bupati Blora, Kamis (14/1) lalu.

Adapun surat pernyataan Kamadjaja dibacakan Lastiningsih salah seorang manajer PT GMM yang hadir dalam paparan. “Dengan ini menyatakan kesanggupan menindaklanjuti rekomendasi PSLH UGM untuk meminimalkan potensi pencemaran lingkungan yang terjadi karena operasional PT GMM,” ujar Lastiningsih.

Sejumlah upaya yang akan dilakukan PT GMM diantaranya meminimalisasi limbah padat abu batubara dengan cara membatasi penggunaan bahan bakar batubara untuk boiler maksimal 30 persen dari kebutuhan boiler. Itu akan dimulai akhir Juli 2016 atau pada saat dan selama musim giling tebu. Bahan bakar batubara tersebut nantinya juga akan diganti ampas tebu (bagas).

Dalam surat pernyataanya, Kamadjaja juga menegaskan bahwa limbah padat abu batubara akan ditempatkan di lokasi kedap atau tidak bersentuhan dengan tanah.

(baca juga: Hasil Penelitian PSLH UGM : Limbah Produksi GMM Sebabkan Pencemaran Bentolo)

PT GMM juga sanggup menempatkan limbah blontong tebu di lokasi aman yakni di
Desa Kedungwaru atau berjarak dua kilometer dari lokasi pabrik dengan lahan yang disediakan seluas 4.500 meter persegi. Lahan tersebut akan mencukupi untuk menampung blonthong tebu selama masa giling. (Aiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved