Blora on News :
Home » , » Lahan Diratakan, Pemkab Siap Bangun 32 Ruko Senilai Rp 6 Miliar di Seso Jepon

Lahan Diratakan, Pemkab Siap Bangun 32 Ruko Senilai Rp 6 Miliar di Seso Jepon

infoblora.com on Jan 23, 2016 | 10:30 AM

Lahan milik Pemkab Blora di kawasan perempatan Desa Seso tepat depan Mapolres Blora sudah diratakan guna pembangunan komplek ruko. (foto: tio-infoblora)
BLORA. Perkembangan rencana pembangunan komplek rumah toko (ruko) di Jl.Blora-Cepu km 5 atau sekitar perempatan lampu merah Desa Seso Kecamatan Jepon oleh Pemkab Blora melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disperindagkop UMKM) mulai memasuki babak baru.

Beberapa hari lalu puluhan bangunan lama di lahan milik Pemkab tersebut mulai dibongkar dan diratakan oleh para pemiliknya. Nampaknya mereka menyadari bahwa lahan yang ditempatinya bukan milik pribadi, sehingga ketika Pemkab memintanya untuk digunakan membangun fasilitas perekonomian dengan sukarela mereka melakukan pembongkaran.

Kepala Disperindagkop UMKM Kabupaten Blora, Maskur menyatakan bahwa lahan yang akan digunakan untuk membangun ruko sebagai sarana pengembangan kawasan ekonomi baru tersebut merupakan aset milik Pemkab Blora. “Status lahan tersebut adalah aset milik Pemkab yang dahulunya merupakan bengkok desa,” kata Maskur, Sabtu (23/1).

Menurutnya setelah lahan diratakan, pihaknya kini sedang mematangkan perencanaan pembangunan sebelum proses lelang dilakukan bulan depan. “Akan kami bangun setidaknya 32 ruko di lokasi tersebut, saat ini konsep pembangunannya sedang dimatangkan. Bulan Februari nanti proyeknya akan dilelang agar pembangunan bisa segera dilakukan,” lanjutnya.

Ketika ditanya sumber dana pembangunannya, ia menyatakan anggaran pembangunan 32 ruko tersebut berasal dari APBD Blora 2016 senilai Rp 6 miliar. “Kami anggarkan Rp 6 miliar untuk mencakup semua keperluan mulai perencanaan, jasa konsultan hingga proyek pembangunan fisiknya,” beber Maskur.

Dirinya menjelaskan bahwa 32 ruko tersebut akan dibangun dengan ukuran 4x6 meter 2 lantai keatas. Di bagian barat perempatan dekat SMP Negeri 1 Jepon akan dilengkapi dengan fasilitas umum seperti musholla dan toilet umum, sedangkan sisi timur perempatan hingga barat Kantor Satpol PP akan dibangun deretan ruko.

Dengan adanya pembangunan komplek ekonomi baru berupa ruko tersebut, pihaknya berharap pertumbuhan ekonomi masyarakat di kawasan tersebut akan naik sehingga pendapatan asli daerah (PAD) dari retribusi sewa ruko juga akan meningkat. Mengingat lokasi pembangunan ruko di Desa Seso yang berada tepat di depan Mapolres Blora tersebut memiliki potensi ekonomi yang baik.

“Kawasan ini berada di tepi jalur utama Blora-Cepu yang akan dijadikan jalan nasional. Selain itu disekitarnya juga banyak berdiri gedung perkantoran, sekolah, rumah sakit dan perumahan sehingga sangat tepat untuk didirikan pusat ekonomi baru,” pungkasnya. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved