Blora on News :
Home » , » Genjot Pencapaian Swasembada Pangan, Pemkab Blora Percepat Masa Tanam Padi

Genjot Pencapaian Swasembada Pangan, Pemkab Blora Percepat Masa Tanam Padi

infoblora.com on Jan 29, 2016 | 2:30 AM

Pj.Bupati Blora bersama Forkopimda menanam padi dengan alat transpanter di Desa Sidorejo Kecamatan Kedungtuban. (foto: humbla)
BLORA. Pemkab Blora melalui Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Perikanan (Dintanbunakikan) terus mengenjot pencapaian swasembada padi. Kali ini dilakukan dengan percepatan masa tanam padi.

Kepala Dintanbunakikan Blora Reni Miharti melalui Kabid Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Ngaliman mengatakan, kalau saat ini sudah ada 4 ribu hektare lahan sawah yang sudah panen. Kebanyakan ada di Kecamatan Kedungtuban, Cepu dan Kradenan. 

“Saat ini setalah panen langsung ditekankan untuk menanam kembali padi sekaligus usaha percepatan tanam padi,” ujarnya.

Menurutnya dengan percepatan tanam itu maka produksi padi akan bisa ditingkatkan dan swasembada pangan khususnya padi juga bisa dicapai. Jadi, petani yang sudah panen tidak harus menunggu lama, lahan langsung diolah dan ditanami padi.

Untuk lahan yang irigasi teknis, jika selesai panen langsung diarahkan untuk pengolahan lahan. Selain itu curah hujan masih cukup tinggi. Percepatan ini juga di dukung dengan sarana pertanian yang sudah modern, seperti traktor, mesin transplanter, serta traktor mesin.

“Percepatan tanam memang saat ini yang sedang dipacu,” jelas Ngaliman.

Pada saat panen raya bersama Pj.Bupati Ihwan Sudrajat beberapa hari lalu di Desa Sidorejo Kecamatan Kedungtuban juga telah diuji coba penanaman padi menggunakan trasplanter atau alat penanam padi agar penanaman bisa dilakukan lebih teratur demi peningkatan hasil pertanian. (gie-SM | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved