Blora on News :
Home » , » Dinkes Blora : Hanya PSN Yang Paling Ampuh Cegah Penyebaran Demam Berdarah

Dinkes Blora : Hanya PSN Yang Paling Ampuh Cegah Penyebaran Demam Berdarah

infoblora.com on Jan 19, 2016 | 7:51 PM

Pemantauan jentik nyamuk di bak mandi untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk penyebab DBD harus sering dilakukan. (foto: rs-infoblora)
BLORA. Dinkes Blora memberikan himbauan dan penekanan, bahwa untuk melawan, meminimalisir serangan DBD yang akhir-akhir ini disinyalir mulai merebak di Blora dan sekitarnya hanya dengan gerakan Pembasmian Sarang Nyamuk (PSN).

Dikemukakan, Kabid Kesehatan Masyarakat, Lilik Hernanto SKm MKes, bahwa cara yang paling jitu untuk melawan serangan DBD memang hanyalah dengan Pembasmian Sarang Nyamuk (PSN).

“Cara yang jitu ya dengan PSN, karena akan membunuh jentik atau bakalan nyamuk Aedes Aegypti yang menularkan penyakit demam berdarah,” tandas Lilik, Selasa (19/1). 

Menurutnya, akan lebih efektif, PSN tersebut dilakukan secara serempak.
Bagaimana dengan foging? Menurut Lilik, foging hanyalah untuk membasmi nyamuk dewasa, yang diyakini sudah membwa virus DB. Itupun ada prosedurnya, yakni jika di wilayah ditemukan ada kasus, baru dilakukan pengasapan.

“Sekali lagi, fogging hanyalah membunuh nyamuk dewasa, sementara tidak bisa menjangkau ke pembasmian jentik-jentik nyamuk,” tambah Lilik.

Beberapa tips PSN dikemukakan Lilik, diantaranya sering menguras bak-bak peampungan, dan apabila sulit dijangkau, bisa memberikan bubuk abate. “Di masing-msing Puskesmas banyak tersedia abate dan bisa didapat secara gratis," pungkasnya. (Ud-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved