Blora on News :
Home » , » Dindikpora : Tahun 2016 Tidak Ada Sekolah di Blora Yang Gelar UN Online

Dindikpora : Tahun 2016 Tidak Ada Sekolah di Blora Yang Gelar UN Online

infoblora.com on Jan 25, 2016 | 8:30 AM

Ahmad Wardoyo, Kepala Dindikpora Blora. (foto: teg-ib)
BLORA. Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2016 mulai dipersiapkan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Blora. Namun hingga tahun ini, pihak Dindikpora Blora memastikan tidak ada satu sekolah pun yang akan menyelenggarakan UN secara online atau Computer Based test (CBT).

Kepala Dindikpora Kabupaten Blora, Ahmad Wardoyo mengatakan bahwa tahun 2016 ini tidak ada sekolah di Blora yang menyelenggarakan UN online atau CBT. Semua sekolah baik jenjang SMP hingga SMA/SMK sederajat akan tetap menggunakan UN berbasis manual layaknya pelaksanaan UN tahun-tahun sebelumnya.

“Untuk meningkatkan kualitas UN memang Kemendikbud menganjurkan setiap sekolah untuk melaksanakan UN berbasis komputer atau online. Namun karena banyak hal yang belum bisa dipenuhi, maka di Blora tahun 2016 ini belum ada sekolah yang sanggup melaksanakannya. Kami dari pihak Dinas pun tdak bisa memaksa sekolah, karena terkendala fasilitas,” kata Ahmad Wardoyo, Senin (25/1).

Pihaknya mengakui bahwa sebenarnya ada beberapa sekolah yang telah mempunyai sarana komputer untuk UN online, namun jumlahnya belum memenuhi syarat untuk pelaksanaan CBT. Pasalnya dalam UN online CBT mengharuskan 1 komputer untuk 3 peserta ujian. Sedangkan dalam satu sekolah baru bisa mengusahakan 1 ruang komputer yang isinya tidak lebih dari 30 unit komputer.

“Jumlah unit komputer masih menjadi salah satu kendala pelaksanaan UN online di Kabupaten Blora saat ini. Selain itu dalam pelaksanaan UN online, jaringan internet juga harus tersedia dengan baik. Sedangkan di Blora belum semua sekolah memiliki jaringan internet yang stabil,” tambahnya.

Berdasarkan data yang ada di Kemendikbud memang hanya Kabupaten Blora di Jawa Tengah yang belum bisa melaksanakan UN online di satu sekolah pun. Meskipun demikian, Wardoyo meyakini kualitas pelaksanaan UN di Blora tahun 2016 tidak akan kalah dengan kualitas UN yang menggunakan metode CBT.

“Kita persiapkan semuanya dan semoga hasilnya akan lebih baik daripda tahun 2015 lalu. Tingkat kelulusan juga diharapkan meningkat,” pungkasnya. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved