Blora on News :
Home » , » Datangi PT.Semen Padang, Ihwan Sudrajat Tawarkan Pembangunan Pabrik di Blora

Datangi PT.Semen Padang, Ihwan Sudrajat Tawarkan Pembangunan Pabrik di Blora

infoblora.com on Jan 22, 2016 | 3:30 AM

Pj.Bupati Ihwan Sudrajat saat menyampaikan keinginannya agar PT.Semen Padang mau mendirikan pabrik di Blora (atas), Rombongan Pemkab Blora dipimpin Pj.Bupati foto bersama dengan direksi PT.Semen Padang (bawah). (foto: sp)
PADANG. Kamis (21/1) kemarin rombongan Pemkab Blora, Jawa tengah yang dipimpin oleh Penjabat (Pj) Bupati  Dr.Ir. Ihwan Sudrajat, MM mengunjungi PT.Semen Padang untuk melakukan penawaran pembangunan pabrik semen di Kabupaten Blora. Pj.Bupati Ihwan Sudrajat sendiri secara langsung menyampaikan keinginannya tersebut di hadapan para direksi PT.Semen Padang di Gedung Indarung.

“Kami bersama rombongan berkunjung kesini untuk mempromosikan Kabupaten Blora. Kalau Semen Padang ingin cepat maju, harus melakukan ekspansi ke Jawa. Blora punya bahan baku untuk pabrik semen yang berlimpah. Punya bahan bakar , tenaga kerja yang banyak, upah minimum kabupaten (UMK) yang masih rendah serta infrastruktur jalan yang cukup baik,” kata Ihwan Sudrajat saat berkunjung di PT.Semen Padang, kemarin.

Dalam kunjungannya tersebut, Pj.Bupati Ihwan Sudrajat didampingi oleh Asisten I Riyanto, Asisten II Bondan Sukarno, Kepala Dinas ESDM Blora Setyo Edy, Kepala DPPKAD Gunadi, Kepala Bappeda Blora Samgautama Karnajaya, Kepala Inspektorat Sudarmono, dan staf ahli Dewi Tedjowati.

Hadir juga Kepala Dinas ESDM Sumatra Barat Marzuki Mahdi, Kepala Departemen tambang PT.Semen Padang Indrieffouny Indra, Kepala Departemen Produksi II/III PT.Semen Padang M.Syafitri, Dirut PT Igasar Ahmad Firdaus, Dirut Dana Pensiun PT.Semen Padang Oktoweri, Kabiro CSR PT.Semen Padang Iskandar Z Lubis, serta jajaran staf lainnya.

Pada pertemuan tersebut, Pj.Bupati Ihwan Sudrajat mengatakan bahwa Kabupaten Blora kaya dengan batu kapur. “Hampir seluruh wilayah Kabupaten Blora memiliki potensi batu kapur yang tak akan habis. Namun memang berdasarkan penelitian, batuannya masih muda,” kata Ihwan Sudrajat.

Pemkab Blora mengaku tertarik dengan perkembangan PT.Semen Padang yang mampu mendorong perekonomian di Sumatra Barat. Dengan kehadiran PT.Semen Padang, telah memberikan multiplier efect pada daerah, dalam bentuk perputaran uang mencapai Rp 15 triliun per tahun. “Ini merupakan informasi yang luar biasa, yang bisa diserap teman-teman dari Pemkab Blora,” kata Ihwan Sudrajat.

Sementara itu, Kepala Departemen Komunikasi dan Sarana Umum PT.Semen Padang Ampri Satyawan mengatakan bahwa saat ini PT.Semen Padang memiliki kapasitas produksi sebanyak 7,4 juta ton per tahun. “PT.Semen Padang saat ini sedang membangun pabrik baru yakni Indarung IV dengan kapasitas 3 juta ton dan diperkirakan selesai pada akhir tahun 2016. Dari total produksi Semen Padang, Sumatra barat hanya mampu menyerap 1 juta ton per tahun, sisanya didistribusikan ke wilayah Sumatra lainnya, hingga Jakarta dan Jawa barat,” ungkapnya.

Menurut Ampri, Semen Padang dalam operasionalnya tidak hanya mengutamakan profit (laba), namun juga memperhatikan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. Program CSR Semen Padang diimplementasikan dengan tema “Basinergi Mambangun Nagari” melalui 3 strategi yakni membangun perusahaan berkinerja unggul, membangun dan memberdayakan SDM unggulan, serta pelestarian lingkungan dan konservasi energi. Tiga strategi tersebut diturunkan menjadi 4 pilar yakni Semen Padang Campin Nagari, Semen Padang Pandai Nagari, Semen Padang Paduli Nagari dan Semen Padang Elok Nagari.

Dalam pelaksanaan CSR, PT.Semen Padang sukses meraih penghargaan pada ajang Indonesian CSR Award (ICA) 2014 dengan prestasi 6 platinum dan 4 gold, serta 2 anugrah terbaik untuk kategori perseorangan yakni CEO terbaik dari 33 perusahaan peserta yang diraih mantan Dirut PT.Semen Padang Alm.Munadi Arifin yang meninggal 15 September 2914, dan manager CSR terbaik yang diraih Kepala Departemen Komunikasi dan Sarana Umum Ampri Satyawan. Dimana Ampri telah berhasil dengan sukses membukukan profil 101 UKM Mitra Binaan Semen Padang. Ada juga grand gold untuk semua kategori.

Menanggapi tawaran yang diberikan Pemkab Blora untuk mendirikan pabrik baru di wilayahnya, pihak PT.Semen Padang tidak serta merta langsung memberikan jawaban. PT.Semen Padang akan melakukan kajian dan menelaah lebih jauh bagaimana prospek kedepan jika mendirikan pabrik di Jawa mengingat rekan PT.Semen Padang yakni PT.Semen Gresik juga sudah mendirikan pabrik di Rembang Jateng yang berbatasan dengan Blora. (sp-rs/infoblora) 
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved